Wednesday 4 March 2009

Gula & garam tidak diberikan (dikurangi) sampai umur berapa?

Mau share sedikit ni dr milis Gizi_BayiBalita asuhannya Pak Wied Harry... Pernyataannya ga berbeda jauh dari beberapa milis yg saya ikuti yaitu milis Sehat dan mpasirumahan...

Semoga bisa bermanfaat khususnya mah buat saya.. ehuehuheu...

Pertanyaan: 

Malam Pak Wied, 

Menyenangkan sekali membaca email² jawaban dari Pak Wied, begitu terasa spiritnya :) dan byk ilmu bisa didapat 

Pak Wied, ada hal yg mau saya tanyakan, saya masih agak rancu dengan pemakaian garam-gula pada batita. Ada yg bilang hny sampai 1th lalu boleh pemakaian asal sedikit. Ada yg 2th, ada jg yg ekstrim sampai 5th no sugar and salt. 

Sebetulnya bagaimana ya Pak? Karena terus terang saya ini agak bingung dengan GTM-nya anak saya (1th). Kalau dikasi garam/kecap sedikit baru mau. Kl manis, sementara saya msh pakai dari buah.. Apa pencernaannya sudah kuat untuk toleransi garam? 

Saya tunggu pendapat Bapak 
Tq 


Christin 
Sent from my BlackBerry® 
powered by Sinyal Kuat INDOSAT 

Jawaban:

Salam sehat,

Terima kasih. Syukurlah jika diskusi kita di milis ini inspiratif dan memancing ide dalam pemberian makan sehat alami bayi-balita.

Bukan soal boleh atau tidak boleh diberi gula pasir dan garam. Yang patut kita sadari dari segi nutritif adalah (1) gula yang sehat dan alami bisa diperoleh dari buah-buahan segar (karbohidrat kompleks seperti nasi sebenarnya juga merupakan sumber gula, tetapi baru terasa manis setelah tercerna/dikunyah lama), (2) garam -yakni natrium- bisa didapat dari makanan terutama makanan hewani dan susu serta hasil olahan susu seperti yogurt, keju. Bagi bayi, makanan alami yang beragam sudah cukup memberikan asupan gula dan natrium, tidak perlu tambahan dari gula pasir dan garam. 

Kedua, yang patut kita pertimbangkan dari segi rasa adalah bayi belum memerlukan tambahan gula pasir dan garam, sebagaimana makanan orang dewasa. Sebab indera perasanya masih sangat sensitif. Bayi bisa mendeteksi rasa dasar dengan sangat baik. Coba selalu berempati setiap kali menyiapkan makanan bayi, jangan mengukur rasa manis dan asinnya menurut kadar manis-asin indera perasa kita sebagai ortu (yang daya cecapnya memang sudah -maaf- 'bebal'). Dengan membiasakan bayi menikmati rasa dasar makanan, ia akan memiliki perbendaharaan citarasa lebih kaya, sehingga kelak lebih mudah menyesuaikan diri terhadap beragam jenis makanan (baru). Manfaat lain, ketika ia lebih besar tidak akan menjadi keranjingan (craving) terhadap makanan yang manis berlebihan (a.l. permen, donat lapis gula bubuk) maupun makanan asin-gurih berlebihan (a.l. snack kemasan, fast food). Dan ia hanya akan makan makanan tsb seperlunya saja. 

Sampai umur berapa makanannya sebaiknya dibubuhi garam dan gula? Jawabnya, bersamaan dengan masa lepas ASI/susu formula, yakni 2 tahun, makanan balita bisa mulai dibubuhi garam dan gula pasir jika memang diperlukan. Artinya, kalau makanannya sudah manis/gurih, ya ga usah. Misalnya jika sudah dapat manis buah segar/kering (kurma/kismis/sultana/prune) atau asin gurih keju. Nah, kalau makanannya memang perlu dibubuhi gula pasir dan garam, pakai ukuran citarasa anak kita, bukan citarasa kita. 

Manfaat mengendalikan pemberian gula pasir dan garam dalam makanan bayi-balita sudah kami rasakan. Anak-anak kami bukanlah anak-anak pemakan permen dan makanan manis. Kalau temannya makan, ia hanya akan ikutan makan, tapi segera berhenti makan sebelum makanan manisnya habis. Hal ini juga dialami oleh kawan/sahabat saya yang menerapkan hal serupa, seperti Lia (Cornelia Agatha) dan Deasy (Deasy Noviyanti) yang testimoninya terpajang di cover milis kita. Manfaatnya, organ cerna anak kita kelak akan lebih terjaga, terutama pankreas dan ginjalnya, sehingga memperkecil risiko diabetes dan hipertensi. 

WH

47 comments:

  1. TFS...berguna banget...
    rasanya masi bingung, gimana caranya bikin Nicholas gak suka permen...ternyata ini kuncinya toh...^_^

    ReplyDelete
  2. aku ni mba smenjak aya mulai MPASI udah ga pernah makan permen lagi... biar aya ngeliat kl ayah bundanya bukan penyuka permen.. :D

    ReplyDelete
  3. hahahha....ini postingannya buatku yah...:P

    halooo pa wied,salam kenal yah ...kekekeke

    ReplyDelete
  4. Damai udah bisa nolak permen, aku lega banget...kemarin ulang taun temennya dapet gudibeg, dia buka2 trus nemu permen, katanya, "Mama, ini kan permen, gak sehat, buang aja yah." Langsung deh dia ke tempat sampah dan membuang permennya, yg ada papanya melongo. Ekstrem banget, kata papanya, padahal kalo disingkirin aja, kali papa, mama ato mbahnya mau nyicipin, hihihi...tapi yg suka permen emang cuma mbahnya damai sih... Aku dulu suka, tapi seiring pemahaman kesehatan yang lebih baik, udah nggak pernahlagi sangu permen.

    TFS ya...tetep makan makanan sehat.

    ReplyDelete
  5. di rumah sy mm tdk suka makanan yg terlalu manis ato terlalu asin. memberikan garam pd makanan secukupnya saja bahkan mm cenderung tawar, apalg mengingat nawra sdh ikut makan smua masakan tsb. klo soal gula bs dikatakan hampir tdk pernah nawra makan dg dikasi gula. kcuali klo makan cemilan roti bakar, pancake,dll yg mm diadonannya dikasi gula.TFS ya mba ratih.

    ReplyDelete
  6. apalgi klo anak lagi malas makan...sy kdg2 suka kepikiran karena rasa yang kurang "gurih" menurut lidah kita... padahal..gak bener yaa..

    ReplyDelete
  7. klo kata aku lebih baik coklat drpd permen (coklat dg kwalitas baik tentu sj). nawra mm blm ngerti apa itu permen, karna kami mm tdk suka permen. klo coklat karna sy suka dan dirumah slalu ada nawra kdg suka icip2 tp herannya klo coklat lokal dia gak doyan bakal dilepeh mungkin karna terlalu manis kali. tp coklat inipun kami kenalkan sbg sometimes food. jd boleh skali2 aja bkn yg dia boleh makan tiap hari. jadi karna sy adalah coklat lover terpaksa sy makan coklat sambil ngumpet..hahahaha

    ReplyDelete
  8. yup sy sudah merasakan ini. nawra klo lihat kami makan apa sj slalu minta. tp begitu dia mrasa makanan itu terlalu manis dg sendirinya di lepeh dan dia gak minta2 lg.

    ReplyDelete
  9. damai salah satu roll modelnya aya lohh mba..
    terus terang kl mba sisil share di milis saya ikutin bgt tuw dan emang semuanya terbukti... :)

    sama mba dsini juga yg seneng permen jg cuma oma tp untungnya aya selalu melengos kl dtawarin... hehehe...

    ReplyDelete
  10. kl aya ga bgitu suka masakannya si oma soalnya emg gurih2 enak dee.. mknya sampe skrg aya makannya blom nyampur soalnya dia lbh suka rasa yg anyep2 khas masakannya bundanya.. :D

    aku udh coba bikin pancake lohh dee dan aya suka, pake gula tepung sedikit :D

    ReplyDelete
  11. kl aku kpikirannya merubah variasi menunya.. :D

    ReplyDelete
  12. kl coklat icip2 mah suka sesekali soalnya si ayah sering dkasi oleh2nya coklat tp kl coklat lokal kita emg ga pernah beli..

    ReplyDelete
  13. aya dkasi yg manis2 langsung tu dee ky iklan cocacola yg BRRRRRR... :))
    ga mau dia. hehehe...

    ReplyDelete
  14. Weit.. Kalo bisa tanpa gula dan garam kenapa gak?

    ReplyDelete
  15. tfs ya bun... kl Azri kebykan bwg pth aja dah ga mau... kyknya mmg dah kebiasaan rasa agak2 anyep kali ya hehehe..

    ReplyDelete
  16. Ternyata tebakan lo untuk 2 taun bener ya ra ;))... Nah sekalian nanya.. kalo kaya uht yang ada rasanya 2 taun juga kali yah ?

    ReplyDelete
  17. sama2 bunda... wah ternyata lidahnya azri lbh ekstrem :D

    ReplyDelete
  18. whahaha.. iya kaa.. tp tu bkn tebak2an gw tau dr artikelnya dokter wati sama katanya dokter ian...

    ah kl bisa mah yg plain aja kaa... :)

    ReplyDelete
  19. Selama dia doyan plain kenapa pake rasa ya ;)) yang pake rasa buat emaknya ajah...

    ReplyDelete
  20. klo aku mah dah pasrah mode ooon.... yang penting ntar jangan dikenali jajanan ajah deh, biasakan makan masakan rumah walo nggak selalu bebas garam and gula!! yang penting bebas MSG aja duluuuuuu....

    ReplyDelete
  21. waduh kl aku drumah malah susah bebas MSG..royco oh roycoo.. ga enak protesnya.. hihihihi.. jd pasrah aja deh yg penting aya ga doyan :D

    ReplyDelete
  22. TFS yah Mbak... tapi emang bener sih... karena di biasakan no salt dan no sugar jadi Annabelle nga terlalu suka makanan yang manis dan asin banget. Malah kalau di kasi coba es krim pasti di lepeh sama dia... kalau coklat??? entah kenapa dia doyan hehehehe

    ReplyDelete
  23. Aya...anggota milis gizi bayi n balita juga yaa...hahaa, sama donk..wuaaah dunia sempit yaa kalo via net :D

    ReplyDelete
  24. @Mba kristin:
    sama mba, aya jg ga bgtu suka es krim, dkasi coklat jg biasa aja reaksi tp kl dkasi kuwaci ga mau brenti. heuheu..

    ReplyDelete
  25. @Mom cute:
    iyah tp masi newbie.. hihi.. kbtulan sy tmasuk penyuka acara2 yg dbwakan pak Wied :)

    ReplyDelete
  26. hihihi.... emang lebih baik diatur dari awal untuk jangan terlalu berlebihaannn... segala yang berlebihan mah gak baiklah pokoknya.

    ReplyDelete
  27. yup bener bgt, dmana2 yg berlebihan pasti ujung2nya jd ga baik..

    ReplyDelete
  28. mas fay kalau marah baru kayak iklan coca cola itu... anyway. memang tidak mudah berprinsip gt yo mam... alhamdulillah kita termasuk yang dimudahkan memberi anak dengan cara sehat... met liburan ya ay....

    ReplyDelete
  29. iya bu susah2 gampang bprinsip hidup sehat.. tp kl timnya solid (ayah bundanya kompak) insyaAllah smua jd mudah..

    happy weekend mas fay!

    ReplyDelete
  30. kalo aku ga ngasih garam+gula sampe setahun. lepas setahun, tergantung masaknya dipisah atau ga. kalo dipisah, ya anyep2an, kalo digabung ma ortunya, dikasih, dikit, ortunya ikut merasakan anyep2an dikit. kalo masalah ga mau makan karena ga enak, kayanya ga deh, dah dicoba, dikasih makanan yang bumbunya cuman bawang merah dan bawang putih, sampe ayahnya komentar "yeks, kok doyan sih beginian" :D, tetep abis, asalkan, makannya sambil sibuk main :D. ga pake msg tetep bisa loh, kecuali jajan, walaupun dianggap orang lain kayak alien, ha..ha...

    ReplyDelete
  31. ga pake garam aja doyan buat apa pke msg :D

    ReplyDelete
  32. kalau saya waktu anak-anak gak pake garam-gula, saya pun gak pake garam gula kalau makan. lah, berasa egois ya...anak anak makan rasa hambar, orang tuanya makan yang enak...

    tapi kan, bagus buat anak, bagus buat orang tuanya juga kan ?

    ayo barengan hambar sama anak anak...

    ReplyDelete
  33. tfs ya mba.. heheh soalnya lagi bingung juga si kecil mulai gtm

    ReplyDelete
  34. wah bener juga ni kath..
    musti belajar hidup sehat yah.. masa anaknya aja yg diajarin.. hehehe..

    ReplyDelete
  35. semoga bisa bermanfaat mba ida...
    anak GTM emang udah jadi problem sejuta umat.. :D

    ReplyDelete
  36. pan kesetaraan mah bukan hanya gender, tapi kesetaraan orang tua dan anak... hahahahha....

    ReplyDelete
  37. Aku ud nerapin ini lo rat ke alya...dulu pas belum sekolah alya jg gak demen tuh ama permen dan sebangsanya. Sayang semenjak usia TK ini kadang kadang masih kecolongan juga tuh anak makan permen....

    But anyway aku setuju emang kt dari dini mengendalikan tepatnya membiasakan anak untuk membatasi gula dan garam.

    ReplyDelete
  38. @Teh luky:
    Pantes gigi alya bagus ya teh ;)

    ReplyDelete
  39. TFS mak :) *selalu untukmu dahh*

    ReplyDelete