Sunday 28 June 2009

Mitoskah..?

Pernah denger ga orang2 tua kita suka bilang kl anak sakit itu katanya pertanda mau pinter..? Saya sih terus terang ga percaya... tapi...

Malam keesokkan harinya pasca Aya mencrit2 sampe dini hari ada beberapa celotehan yg bikin kita takjub di pagi harinya..

Pagi2 Aya buka2 buku hadiah si Ayah yg belum sempat kita ceritain ke Aya.. Dia nunjuk gambar apel sambil bilang APEEY.. trus kita tes.. srigala mana..? DITUNJUK GAMBAR YG TEPAT, begitu juga waktu ditanya.. mana putri salju..? mana burung..? mana putri duyung..? mana kue..? *heuheue ni buku crita apa sih =)) *

Trus Aya kan udah berulang kali diajarin untuk bisa panggil OMA.. dan Aya selalu panggilnya ONTA.. eh tadi donk dia memanggil si Oma dengan manisnya.. MAAH.. MAAH... si Oma seneng bgt secara tinggal doi yg belum kesebut sama Aya.. Aya udah bisa manggil ATEU.. UWAK.. ADEK.. TETEH... hehehe...

Ada lagi jailnya Aya.. dia kadang suka panggil Ayahnya... Aa.. Aa.. reaksi si Ayah.. bimoli.. bibir manyun lima senti. wkekekke..

Eh ada kejadian... tadi sore hujan dan Aya emang aga takut sama suara hujan trus reaksinya dia.. tepuk2 dada (kaya orang kaget) sambil bilang GAPAPA..GAPAPA..

Ntah yah apa saya jadi percaya mitos anak sakit bikin pintar ato tetep ga...? Bagaimana dengan bunda2, mama2 dan ummi2.. percaya teu...? ^^

71 comments:

  1. saiyah juga ga percaya
    tapiiii...
    sebelum si abang bisa jalan juga dia demam panas dulu :D

    btw, kasian banget dah si oma selama ini dipanggilnya onta, hahahaha...
    Ay.. Ay.. coba bilang "tante cantik"
    pasti makin pinter deh, hahahaha *kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr*

    ReplyDelete
  2. Bukan mitos, tp kondisi kyk gitu wajar. Saat masa tumbuh kembang anak butuh energi lbh banyak. Jd tubuh mengolah energi lbh cepat. Makanya pencernaan jg lbh cepat, kadang tubuh terasa hangat.

    ReplyDelete
  3. yup. secara ilmiah aq pernah denger juga, bahwa ada masa-masa yang istilahnya masa percepatan pertumbuhan. dan bikin tubuh mengalami masa-masa yang lain dari biasanya.
    moga neng aya selalu sehat ya setelahnya...amiinnnn

    * eh, tapi aq lebih percaya kalimat ini de, "selalu ada hikmah di balik setiap kejadian"...he he he, nyambung si??

    ReplyDelete
  4. percaya, ra.

    bukan percaya mitos, tapi saya percaya banget orang tua pengalamannya jauh lebih banyak dari saya. bukannya telan bulat bulat apa yang dikatakan orang tua, sih...banyak hal yang tak saya setujui yang saya diskusikan sama mama, kayak soal ASI..soal MP-ASI...banyak hal deh, dan biasanya mama setuju kalau saya udah obrolin baik-baik.

    tapi banyak hal juga yang memang tak ada di buku, tak ada di jurnal, tak ada di milis, tapi hanya ada di pengalaman orang tua...dan selama tidak bertentangan dengan medis, saya sih mengamini aja.

    balik lagi ke soal mitos anak sakit bakal pinter...yah saya sih emang suka ngomong..."gak papah ya nak ya, besok mau tambah pinternya yaaa" dan saya yakini betul hal itu...anggap saja doa...semoga didengar Allah...

    ReplyDelete
  5. klo saya sih, mikirnya itu hanya kebetulan aja....pas sakit..pas dapet kepinteran...tp karena kebetulannya sering jadi orang tua kita selalu beranggapan klo anak sakit pertanda mau pinter....klo saya lebih menarik kesimpulan seperti ini...sakitnya anak tu pemberian alloh...kita sebagai bundanya dituntut sabar n ikhlas... nah hasil sabar n ikhlas tu dikasih Alloh bonus...berupa kepinteran anak kita...kyanya itu lebih masuk akal deh...he...he..he...slam yah buat neng aya nya....

    ReplyDelete
  6. hahahahhaahah neng Aya...jangan panggil onta sayang! nanti si oma tersinggung .

    tapi serem juga kalo tiap mau pinter pake panas & sakit mencrit2 dulu? mudah2an pinternya sekaligus dateng ajaa, biar sakitnya ga sering. =D

    ReplyDelete
  7. hihihi... it's just a myth sih Mbak... tapi ibuku selalu bilang, mitos itu muncul, apalagi seputar perkembangan anak, biar ortu ngga panik kalau anak2nya sakit, dan selalu berpikiran positif... :-) iya sih, kalo kita beranggapan gitu, maka cenderung dapat yang positif, ya ngga? hehehe

    ReplyDelete
  8. hehe, ngakak baca oma jadi onta.. bundanya yg ngajarin ya,hayo..

    ReplyDelete
  9. iya bun:-)
    sama juga seperti saya,mau ga percaya tapi kejadian juga ma che che:-)
    khan kemaren che che rewel 2 hari 2 malam,eh ga tau nya pagi nya che che dah mau ngrangkak gitu:-*
    tapi ngesot ngrangkak nya kaki nya langsung dua gitu kayak ngesot malahan..hehehehheehe
    kak aya oma nya jangan di bilang onta dooonk:-)

    ReplyDelete
  10. ternyata ada pengalaman juga sama mitos mba.. heheh..

    *ay bilang abang ganteng ajah.. xixixii*

    ReplyDelete
  11. semoga kaka icha juga sehat selalu yaaa..

    hehehe bener emang mba re.. disetiap kejadian selalu ada hikmah yg tersembunyi...

    ReplyDelete
  12. percaya ga percaya sih... tapi sring kejadian tuh sama raihana. abis sembuh dari sakit langsung deh nambah pinternya. klo menurutku sih mungkin di badan anak kita sedang adaptasi perkembangan, jadi kadang suka sakit gitu. ya sakit yg ringan2 aja yaaa.....

    ReplyDelete
  13. kl mau simple emg gitu yaa.. selama tdk bertentangan dgn medis dan akal sehat ya diamini aja.. setuju ini mah.. :)

    ReplyDelete
  14. begitu lah pola pikir org2 jaman dulu.. krn seringnya kebetulan eeh malah dikira beneran.. :D

    salam sayang jg buat adek saraah semoga Allah memberikan kesembuhan dan kesabaran buat ummi abinya... :)

    ReplyDelete
  15. iya ni tantee sampe2 si oma senewen.. :D

    yg jelas mah diare penyebabnya kl ga virus ya bakteri..
    yook jaga kesehatan...

    ReplyDelete
  16. bener mba.. buat pengalih rasa panik jd dibilangnya.. mau pinter ngoceh ni.. hehe..

    ReplyDelete
  17. weei sembarangan.. :P
    ayanya tuu yg seneng sama onta jd deh si oma kesialan :))

    ReplyDelete
  18. poto donk bun gaya ngesotnya che che.. :))
    skrg manggilnya udh MAAH..

    ReplyDelete
  19. Iyah semoga sakitnya hanya krn virus biasa ajaa... :)

    ReplyDelete
  20. bibiku juga suka gitu...seringnya sih kalo pupnya rada aneh gitu, suka dibilang lagi indah, mau pinter ngapain gitu, aku mah ngaminin aja semoga bener-bener menjadi pinter, tapi sakitnya ya tetep diwaspadai...
    aneh juga ya...orang menceret koq dibilang indah..indah dibagian apanya :P

    ReplyDelete
  21. iih persis.. si oma jg bilangnya indah, indah apanya bau gitu. kekeke...

    ReplyDelete
  22. natr bun,soal nya che che kalo liat kamera langsung diem ga mau begerak kayak mau pose dulu gitu...hehehehe
    mang baby narsis khan che che:-*
    bunda saya beli tahu sutra boleh ga ya che che di kasih???
    haluuus banget koq.

    ReplyDelete
  23. dasar baby sadar kamera...
    boleh ko.. tp cari yg plain.. :)

    ReplyDelete
  24. hihi..kalo aku sih gak percaya mbak, karena kalo anak lagi sakit tetep musti ekstra waspada (jgn lengah), kalopun dia nambah pinter...memang udah saatnya..:-D..syukurlah Aya dah tambah pinteeer dan dah sembuh juga...aku baru tau singkatan BIMOLI...hihihihi...asik nanti mau nebakin ayahnya Ridho ahhh...

    ReplyDelete
  25. yah, anak2 nervous dikit kali lagi mau ujian naik kelas alias tambah pinter.. kayak kita aja yang sakit perut kalau mau pidato..habis itu kalau udah lulus santai lagi.. wekeke.. aya pinter..

    ReplyDelete
  26. bener mba.. sehat aja kita musti waspada apalagi kl lg sakit.. kaya bang napi aja ni.. waspadalah :P

    hahaha.. masa sih ayah blom tau bimoli..? tapi kl manyunnya pernah kan :D

    ReplyDelete
  27. masi anak2 bisa nervous juga ya buu..?
    kl aya mah karena virus ni :D

    ReplyDelete
  28. bisa jd krn kita terpengaruh omongan org tua jd kita br perhatiin kebisaan anak kita apa, pdhal bisa jd pinter dulu br sakit.
    Btw yg ngajarin blg onta siapa Ay... :D

    ReplyDelete
  29. iya bun harap maklum aja mitos itu warisan leluhur. hihihi...
    ga ada yg ngajarin bun.. kebeneran aja si aya punya onta2an :D

    ReplyDelete
  30. hiiiiii ya neh, kata orang tua di seluruh indonesia sama kali ya....
    anak sakit berarti mo pinter^^
    sebenernya sih biar kita ga panik aja ^_^
    Ka Aya tambah pinter ya....^^

    ReplyDelete
  31. nervous tuh bahasa psikologinya adaptasi kali ya... wekeke... rasulullah mau dapat wahyu juga yang panas dingin.. hiks... mencari pembenaran alasan atas mitos wekeke.... boleh percaya boleh gak kok...:)

    ReplyDelete
  32. heheheeh aya tambah pinter ya ngomongnya, sini ngobrol ma rayya yukkk
    kalau bisa sih pinternya ga usah pake sakit dulu ya ay....

    ReplyDelete
  33. iyah tuh bun, aku jg binun, apa bener mitos itu.
    kasian jg masa mo pinter kudu sakit dulu.
    aya pinterrrrr yah...

    ReplyDelete
  34. gaza juga gitu, abis mc2 langsung bisa angkat2 pantatnya .
    Kata orang tua siy ngenteng-entengin badan (mc2 nya)
    Gimana ya? secara logika bisa juga siy karna mau bisa ngapa-ngapain badannya jadi adaptasi dulu, nah pas proses adaptasi itu kali badannya jadi sakit kayak mc2 dll (cmiiw)

    mc2 :mencret2

    ReplyDelete
  35. tp emang gitu ya teh...biasanya...abis sakit nambah pinternyaa...
    :)

    ReplyDelete
  36. hahahahah...bahasa sunda itu mah...di jawa gak ada yaaa....

    ReplyDelete
  37. virus dari makanan ?...kirain makanan itu mengandung bakteri.... ah maap nih bodo, gak ikut milis sehat...ehhehehe

    ReplyDelete
  38. horeeeeeee aya pinter deh. Alhamdulillah..tante jg turut seneng ay....

    ReplyDelete
  39. aaah, teu rame komen na, luk...huahahahahha.....

    ReplyDelete
  40. nimbrung jg ah... aku jg ngalamin yang sama, 3 kali anak ku dirawat di RS ada aja perkembangan yang pesat setelah sembuh, mulai dari jalan, bicara dan yang lain nya... salam kenal...

    ReplyDelete
  41. hahahahah baru nemu satu niy..urang tasik tp blak blakannya persis jawa timuran..hehhehehe.

    Ratih..punten nya...ini dipaksa kathy niy..hahhahaa

    Jadi menurut pemikiran saya. (hahahahaa ngakak dulu niy....) bahwa mitos sebelum menambah kemampuannya seorang anak dlm masa pertumbuhannya akan mengalami sakit panas ringan ataupun diare ringan, itu hanya sekedar mitos belaka. Dan kalaupun setelah sakit panas ringan ataupun diare si anak menambah kemampuannya, itu menurut saya hanya sekedar kebetulan belaka.

    Saya berpikiran demikian krn apabila mempercayai mitos ini, akan membuat awareness orangtua thd gejala penyakit anak akan menjadi berkurang, krn orangtua cenderung membuat prediksi terlebih dahulu. Misal si anak demam, trus si ortu menerka nerka..oh lg tumbuh gigi, ooh lagi mau bisa jalan dsb dsb dan kecenderungannya adalah tidak mewaspadai gejala lanjutan dari demam si anak dan mengabaikan. Demam ringan atau diare ringan menurut saya sih reaksi tubuh anak saat itu sedang berusaha menghalau bibit penyakit yg sedang masuk kedalam tubuh.

    Jadi sebagai orangtua yg beraliran "parnografi aka takut berlebihan" saya lebih memilih menafikan mitos ini ketimbang mempercayainya.....

    Nah kath....pendapat boleh beda kan? tp SBY tetep presidenku kan.hahhahaha maaafffffffff ini hanya becanda bukan propaganda politik...sekali lagi mohon maaf.

    ReplyDelete
  42. pendapat kita tidak bedaaaa.....tidak beda sama sekali....

    saya juga kalo anak anak sakit, tentunya yang pertama dilakukan adalah sesuai milis sehat...haahahahahha....kikikikik...kieu kieu oge teu bodo bodo teuing saya oge...hihiihihih....aduh maaf ya khalayak ramai, saya suka lepas kontrol kalo ngobrol sama luky...

    begini, saya sebetulnya termasuk orang yang parno urusan anak sakit. misal, kalo anak anak panas, mencret, mikiiiirrrr....tujuh turunan, kemaren kemana ya, apa ujan-ujanan ?, apa salah makan ?, apa kemaren di sekolah ada anak sakit, jadi ketuleran ?. ah jujurnya mah saya parno banget, sampai sampai dokter udah hafal sama wajah saya...biarin ah, da dokternya juga sepupu sendiri dan gratis...dibayarin kantor.

    tapi saat orang tua bilang, "gak apa-apa, kat...ini mah mau pinter, yaaa". dan saya percaya, bukan berarti saya percaya mitos (buktinya mitos duduk di pintu bikin seret jodoh saya gak percaya) dan si mama yang suka bilang gitu juga percaya mitos...(buktinya dia sama parno nya sama aku...ke profesor azhali aja yang bukan sodara dia bilangnya 'kang boy' saking akrab, keseringan ketemu meriksain anak-anaknya)

    saya percaya, karena berterima kasih pada orang tua...mereka gitu karena sayang sama kita...anak dan cucu, menenangkan ibunya dan juga mendoakan cucunya...

    gak semena-mena bilang dalam hati, "ah eluuu....mitos kaliii, ini mah namanya batuk pilek, mamaaahhh...bukan mau pinter !.mau pinter mah belajar, bukan batuk pilek dulu !". engga, engga...kalo anak panas 3 hari juga saya ke dokter, gak semata mata percaya, ini mau pinter...tapi ya itu lah...percaya maksudnya lebih ke menghargai itulah doa dari orang tua untuk kita dan anak kita....

    kalo serta merta percaya mitos mah, mari kita ke ponari.... hahahahahhaaa.....

    ReplyDelete
  43. pendapat kita tidak bedaaaa.....tidak beda sama sekali....

    saya juga kalo anak anak sakit, tentunya yang pertama dilakukan adalah sesuai milis sehat...haahahahahha....kikikikik...kieu kieu oge teu bodo bodo teuing saya oge...hihiihihih....aduh maaf ya khalayak ramai, saya suka lepas kontrol kalo ngobrol sama luky...

    begini, saya sebetulnya termasuk orang yang parno urusan anak sakit. misal, kalo anak anak panas, mencret, mikiiiirrrr....tujuh turunan, kemaren kemana ya, apa ujan-ujanan ?, apa salah makan ?, apa kemaren di sekolah ada anak sakit, jadi ketuleran ?. ah jujurnya mah saya parno banget, sampai sampai dokter udah hafal sama wajah saya...biarin ah, da dokternya juga sepupu sendiri dan gratis...dibayarin kantor.

    tapi saat orang tua bilang, "gak apa-apa, kat...ini mah mau pinter, yaaa". dan saya percaya, bukan berarti saya percaya mitos (buktinya mitos duduk di pintu bikin seret jodoh saya gak percaya) dan si mama yang suka bilang gitu juga percaya mitos...(buktinya dia sama parno nya sama aku...ke profesor azhali aja yang bukan sodara dia bilangnya 'kang boy' saking akrab, keseringan ketemu meriksain anak-anaknya)

    saya percaya, karena berterima kasih pada orang tua...mereka gitu karena sayang sama kita...anak dan cucu, menenangkan ibunya dan juga mendoakan cucunya...

    gak semena-mena bilang dalam hati, "ah eluuu....mitos kaliii, ini mah namanya batuk pilek, mamaaahhh...bukan mau pinter !.mau pinter mah belajar, bukan batuk pilek dulu !". engga, engga...kalo anak panas 3 hari juga saya ke dokter, gak semata mata percaya, ini mau pinter...tapi ya itu lah...percaya maksudnya lebih ke menghargai itulah doa dari orang tua untuk kita dan anak kita....

    kalo serta merta percaya mitos mah, mari kita ke ponari.... hahahahahhaaa.....

    ReplyDelete
  44. kekkekekekekke ngakak deh baca tulisanmu yg ini. Iya yah mau pinter mah belajar atuh bukan batuk pilek. Asli saya ngakak sendirian ni kath. Hayo tanggungjawab temenin saya ngakak yah.....

    hampura nya kath..macana teu taliti, lamun kitu pendapat kita teh sarua atuh. Toss lah jeung kathy mah.

    Betewe rumahnya ponari teh dekat sama kampung saya euy....

    ReplyDelete
  45. kade luk, bisi jadi kabita pengen ke ponari...secara dekat...hahhahahha...

    luk, pengen nyoba apple pie di bogor tea...saya bikin juga sekarang apple pie, tapi harus punya perbandingan dong yaaa.....

    ReplyDelete
  46. Wah kaleresan pisan euy....insyaallah minggu harep abdi badhe kabandung kapanggih jeung neng ratih. Sakalian atuh Engke abdi mampir ke cafenya kathy nya...? Engke dicandakeun Pia Apple Pie nya.

    Ratih...punten pisan nya neng geulis..jadi ajang chatting kieu.

    ReplyDelete
  47. wah mertua dan ibu saya juga bilang gitu, dan emang beneran kejadian. Selama efeknya baik, dipercaya aja kali ya hehehe, mungkin juga itu hiburan untuk ortu yang anaknya sakit, jadi gak terlalu bersedih :)

    ReplyDelete
  48. sippp....tolong dihitung beserta ongkir berapa yaaaa ?

    sembah nuhun, punten tos ngarerepot...

    ReplyDelete
  49. alhamdulillah bun walo rada telat ngocehnya dbanding tetangga2 mayanya si bunda. hihihi...

    ReplyDelete
  50. iya bun kita ambil positifnya ajaa... :)

    ReplyDelete
  51. Gimana bisa oma jadi onta? Hahaha... Bersakit2 dahulu, bersenang2 kemudian, itu kali yah pedomannya....

    ReplyDelete
  52. wah kl rayya mah udah canggih ya teh.. aya masih sepatah2 kata. hehehe..

    ReplyDelete
  53. iya yaah.. kl mau pinternya borongan ya masa musti sakit borongan jg :D
    tp yg jelas sih kl sakit/demam pasti ada penyebabnya.. pinter mah bonus. hehe..

    ReplyDelete
  54. duh tp ga tega jg kl mau pinter kudu mc2 dulu.. :))
    yook cuci tangan yg bersih dan mkn mknan yg sehat. insyaAllah bisa pinter tanpa sakit :D

    ReplyDelete
  55. @teh luky, kathy... saya menyimak... hahaha..

    ReplyDelete
  56. iya mba ayu... diambil asiknya aja dan positifnya.. :)

    ReplyDelete
  57. ternyata banyak juga orangtua yg mengalami mitos anak sakit jadi pinter. hehehe
    semoga ga sakit2 lagi yaa bun dan jgn sampe diopname deh..

    salam kenal kembali.. btw spatunya lucu2...

    ReplyDelete
  58. tau tu bun.. makanya kasian si Oma dipanggilnya onta. kekeke

    ReplyDelete
  59. silakan menyimak dan diambil yang baik nya saja...yang buruk tinggalkan... maksudnya jangan sendal yaaa...yang butut ditinggal di masjid yang crocs diambil pulang...

    saya dan luky sepakat pada satu hal : keseimbangan saja...jangan terlalu berat ke kanan atau ke kiri....

    ReplyDelete
  60. teh kath, aya turunan puspahiang?

    ReplyDelete
  61. yoiiiiii.....(eh lepat, punten ne, sumuhun....)

    ReplyDelete
  62. sampe skarang ankaa blum panggil ABI. senewen dah bapaknya. masa anak sendiri lebih fasih manggil ummi ama mbak ha ha ha...sampe disogok pake mainan, teteup ga manggil ABI.

    ReplyDelete
  63. huahaha....
    sabar ya bii.. bentar lg jg ceriwis deh tu anak :D

    ReplyDelete
  64. kl anak sakit kita sedih bgt, anggap aja mitos itu untuk penyemangat kita biar ga terlalu sedih, tambah semangat mengurusnya kan menuju kepintarannya

    ReplyDelete
  65. iya rin bener... kita bisa menganggap mitos sebagai hiburan buat ortu dkala anak sakit, biar ga terlalu stress.. :)

    ReplyDelete