Monday 15 December 2008

yey ko marah..

salahkah saya yg menyarankan k seorg ibu utk membuat sendiri makanan utk bayinya? dan mberikan alasan2 ktidakbaikkan pemberian makanan instan scara rutin? salah..?

dan ternyata brawal dr topik sputar nutrisi lalu mlebar k soal materi dan brujung ke soal hidup kami yg masi menumpang sm ortu.

kl lu tau kami dsini ga asal numpang, kami bayar rekening telfon, listrik, gas, blanja bulanan. knapa kami "numpang" pun krn tinggal suami sy anak cwo yg jagain si mom. kalo pun kami pindah rmh d sini tnggal si tante dan si oma yg kduanya perempuan, apa kami ga egois? lagian tugas anak laki2 kan menjaga ibunya.

kalo soal nutrisi prinsip kami mencetak anak cerdas slain dpengaruhi oleh genetik jg dpengaruhi oleh asi, stimulasi dan nutrisi. itu kenapa sy mati2an blajar masak, bsahabat sm alat2 dapur, bkawan dgn bawang2an dan bumbu2 smua demi aya.

inget critanya bu kathy soal cindai yg menolak mkan mcd dan lbh memilih brokoli ato critanya mama damai sputar cemilannya damai yg brupa sayur2an. mereka2 itu yg menginspirasi sy.

sy ga mau aya ga doyan sayur ky sy, sy ga mau aya picky eater jg ky sy, makanya sebisa mungkin smua makanan aya sy yg buat dan bkn pabrik.

contoh kerepotan seorg ibu dlm soal memberi makan ada ddpan mata sy. ponakan sy br kmaren keluar dr rumah sakit karena lambungnya ga kuat makan trlalu byak krn slama ini dia emg susah makan dan picky eater. salah satu sebabnya swktu mpasi si ibu memberi makanan instan krn udah tbiasa dgn rasa yg enak, manis dan gurih yg ada si anak jd pemilih dan sy ga mau aya seperti spupunya.

kaka sy, tman2 sy, pengalaman dan crita mereka guru buat sy. jd apa salah sy menyarankan utk memberikan makanan homemade? eh lha kok topiknya malah jd panjang kali lebar sama dengan luas.

capee deh..! nasib emg numpang ma ortu. kekeke..

buat teh luky thx ya kata2 penenang hatinya.. paling ga tensi gw ga naik :D

75 comments:

  1. Sabar Raaa....
    Memang suka bikin sensi kalo ada yang dah nyinggung2 kita masih numpang ma ortu..

    Toh kita berusaha memberikan yang terbaik bagi anak. Repot dikit, ya resiko..

    ReplyDelete
  2. Sabar ya jeng... aku kenyang ditanyain tetangga: mau sampai kapan makan kayak gitu (aku, damai dan papanya makan makanan yg sama), Kok hidup gak dinikmati. Hahaha, ini cara kami menikmati hidup kok, pilihan... pilihan aku danpapanya juga untuk menananmkan kebiasaan makan baik sama Damai, gak perlu kayak kami yang baru sadar ketika udah menikah.

    ReplyDelete
  3. he he he say..melebarnya kejauhan amatttttttttt

    ga ada hubungan nutrisi dengan urusan rumah tangga masing2...masalah sekadar numpang dll itu mah urusan masing2 kaleee.....mau bayar ini itu juga urusan orang kalee....

    gw malah pengen cise kayak gw, mau makan sayur apa aja include daun pepaya muda yang pait itu..enakkk kok..mudah2an gw sukses...

    sabar yah say ;)

    hebattt mba sisil hebatt..gw tadi cobain tuh resep tahu rebus nya..klo ga ada sambel ga ketolong tuh tahu masuk ke perut hehe

    ReplyDelete
  4. hehehhe...sabar ya. hal yang paling mengesalkan dari masih tinggal sama orang tua adalah emang....disangka orang kita cuma ngeluarin duit buat keperluan keluarga kita aja. padahal, kadang tinggal sama orang tua malah lebih gede juga keluarnya...

    kayak kalo kita beli makanan...masa cuma beli buat keluarga aja ?, ya belilah buat the whole family yang banyaaak...

    contoh kecil aja.

    harus tarung sama orang tua soal cara ngerawat anak, dan harus sabaaaar......

    ya cuma sabar aja sih modal kita.. =)

    ReplyDelete
  5. Udah Tih ga usah dipikirin palagi dimasukkin hati, dikasih saran yg bagus kok malah dirembetin sm hal2 yg mestinya ga usah diomongin....malesss deeehhh...

    Gw aja suka ngenes sendiri krn Devan gak dimasakin Bunda nya tiap hari, krn gw kerja, tp tetep usaha untuk memberikan nutrisi yg sehat dan seimbang biarpun lewat masakan si mbak di rumah....

    ReplyDelete
  6. hahaha...gue tadinya mikir2 juga win, tapi liat damai sama papanya dan mbah putrinya lahap aja jadi gak enak, akhirnya ketelen jg. kuncinya rebus pake seotong ayam biar gurih hehehe

    ReplyDelete
  7. wedew....kok ya nyambung ke soal masih tinggal di rumah ortu? pantesan jeng rara sampe kesel.

    semoga nantinya, mereka yg blom ngerti, bisa melihat bukti nyata kebaikan makanan alami dari kesehatan dan kecerdasan aya

    ReplyDelete
  8. sabar ya mba... emang ga semua org sejalan dan sepikiran...
    tp klo soal panjang kali lebar sm dgn luas itu yah bete jg yah... ^__^

    ReplyDelete
  9. yah, dilema tinggal sama orang lain....
    sabar yah bun..................................

    ReplyDelete
  10. sabar ya mba... yah, namanya juga mindset orang beda-beda.
    yang penting mba ratih tetep berusaha kasih aya homemade food, tunjukin ke mereka kalo pilihan mba ratih lah yang terbaik...

    ReplyDelete
  11. anggap angin lalu saja mba
    orang syirik kan tanda tak mampu hehe

    sabar ya mama Aya

    ReplyDelete
  12. sabar ya mbak :)

    ~tapi hubungannya apa ya makanan instan dan tempat tinggal? :D

    ReplyDelete
  13. sabar aja mba ratih ...

    dan tetap mencetak resep resep ya yang yahud untuk ku contek ..bukrtinya tetyn luahappp eyy !!




    ReplyDelete
  14. Hidup Bu Ratih!!! Hidup Neng Aya!!!

    ReplyDelete
  15. namanya juga saran, kan boleh diterima atau ditolak ama yang mau ambil keputusan..
    Tapi yang ngusulin gak perlu panas gak diterima usulnya... yang penting dah menyampaikan.. gak usah puyeng juga Gitu aja jeng...
    N gak usah disambung2 ma numpang ma ortu ya ha...:)

    ReplyDelete
  16. Hehehe, topik beginian emang sensitif sih kalo gue bilang. Tapi ya yang kayak gitu jangan terlalu dipikirin Ra. Ay no ay no, pasti susah secara gue juga pasti naek kalo digituin, hehe.

    Sing penting mah anak kita sehat & bahagia lahir batin, amiiiiin.

    Baidewe, kemaren gue baru dikritik bu RT yg bilang susu ultra adalah susu murah yang ga ada gizinya, hihihi.

    ReplyDelete
  17. Ya ini nih bunda yang bikin aku juga sebel!! Jadi kenapa kalo kita numpang ama ortu??..aku juga kok numpang ama ortu, terus kenapa?, apa dengan numpang ortu kita jadi gak mandiri, deesbe??....

    aku juga teh selalu berusaha membuat homemade MPASI buat Zua, walau sulit kadang karena dari awaaal banget Zua makannya gak banyak (bukannya pemilih) kadang aku nyerah, buatin instan food tapi nyatanya dia gak mau juga!!..aku menyadari banget kok teh kalo homemade lebih baik!!

    biar ya teh, yang sabar aja..mana sih orangnya kita gebukin barengan!!

    ReplyDelete
  18. Rara... beberapa hari gak chat, ternyata ada cerita seru! sabar ya jeng, anjing menggonggong kafilah tetap berlalu kan... the process that count, not th result... yang penting usaha, malah digituin ya sabar aja...
    Btw, bunda zua katanya nyuruh sabar, tapi kok ngajak gebukin bareng! wakakakakakakak... dasar ibu2 abg... hahahahahaha

    ReplyDelete
  19. Wah tunggu aja 5 taun lagi, pasti tu ibu pusing anaknya sakit2an karena kebanyakan makanan instan. Kayak ana gue, Ra. Kecilnya gue ajarin makanan homemade jadi mau makan sayur. Eh gedean dikit diurus neneknya cuma dikasih nugget dan sosis mulu, alasannya dia ga doyan sayur. Ya iyalaaahh kalo sayurnya bersantan siapa yang doyannnn.. Suka aneh.

    ReplyDelete
  20. iya teh padahal mah awalnya saya cuek aja numpang sama ortu toh kami dsini bukan BENALU dan rumah ini juga rumah suami saya tapi emang rada sebel aja kl diskusi jadi merembet kmana2 yg ga jelas...

    hidup repot..! kekekeke...

    ReplyDelete
  21. haduuh mba sisil aku malah baru tau seputar pola makan sehat ya waktu aya mulai MPASI.. lebih telat aku kan..? tapi emang ga ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yg baik :)

    ReplyDelete
  22. lebarnya sampe melaaaaarr... kekekeke..

    eh cise minta mama buatin sup ceker.. enak lohh..!! mama bikin yah..? =))

    ReplyDelete
  23. wah bener bgt kath.. yg tadinya bisa bungkus bakso 2 mangkok eeh jadi 4 mangkok :D

    soal beda pendapat sama ortu, aku termasuk bruntung kath soalnya si mom bukan tipe cerewet lagian biasanya kl dikasi tau tinggal iyah-iyah ajah pelaksaannya ya suka2 aku aja :D

    ReplyDelete
  24. sapa pun yg masak mah ga soal yg penting masakan rumah, walo si mba yg ngoprek dan sibuk di dapur dan bukan bundanya.. hehehehe..

    ReplyDelete
  25. sapa pun yg masak mah ga soal yg penting masakan rumah, walo si mba yg ngoprek dan sibuk di dapur dan bukan bundanya.. hehehehe..

    ReplyDelete
  26. wah jadi pingin ikutan ngintip resep tahu rebusnya.. :D

    ReplyDelete
  27. topiknya jadi topik saya bundar ni bundaa :D

    yah paling ga berusaha menanamkan pola hidup sehat sejak DINI

    ReplyDelete
  28. yup setuju..!
    tapi kl ga sejalan knapa musti tersinggung trus marah..? toh keputusan di tangan ortu, aneh sekali bukan..?

    ReplyDelete
  29. yup setuju..!
    tapi kl ga sejalan knapa musti tersinggung trus marah..? toh keputusan di tangan ortu, aneh sekali bukan..?

    ReplyDelete
  30. kayanya aku yg jauh lebih ga mampu dibanding dia mom.. kekekekeke...

    ReplyDelete
  31. sampe saat ini saya belum nemu korelasi dari makanan instan dan tempat tinggal... :D

    ReplyDelete
  32. makasi bundaaa....
    halah padahal aku niat mau nyontek pudingmu lohh :P

    ReplyDelete
  33. semoga panjang umurrrr... *teh ira apaan sih :P *

    ReplyDelete
  34. kepala aja beda2 mindset udah pasti beda2 juga...
    duh seneng bgt disemangatin bikin homemade food :)

    ReplyDelete
  35. saya mah cuma berusaha care aja ke sesama ibu2 soalnya saya juga pernah ngelami fase anak susah makan dan GTM berhari2, bunda pasti tau lah ceritanya. hehehe...

    ReplyDelete
  36. kepala aja beda2 mindset udah pasti beda2 juga...
    duh seneng bgt disemangatin bikin homemade food :)

    ReplyDelete
  37. iya wie males juga kl difikirin yg penting mah gw hepi dan anak sehat :)

    ReplyDelete
  38. aku mah walo numpang tapi aya dari umur 5 hari sampe skarang selalu aku yg mandiin, aku yg masakin dan aku yg nyuapin. kurang mandiri apa kaya gini..? :D

    zua pinter tau mana yg baik buat dia... muah2 ah.. :)

    ReplyDelete
  39. iya de menikmati proses itu yg super nikmat.. proses blajar makan sampe dilepeh2. hahahaha...

    tante dhira emang kompor =))

    ReplyDelete
  40. ponakan gw umurnya 5 taun han dan persis bgt sama pengalaman anak lu.. duh sedih yah..?

    ReplyDelete
  41. hehehehhe...care kadang suka diartikan lain...saya dah pengalaman banget dah diginiin...

    susah sih, yang betul menurut kita belum tentu cocok untuk orang lain. yang pas untuk orang lain belum tentu mau kita laksanakan juga.

    jalan keluarnya ?, daripada sakit ati, sekarang saya cuek aja sama orang lain. heheheheh....

    ReplyDelete
  42. berhubung double posting jadi komennya saya kopas kesini yahh...

    @ felicitoys
    tenang Bun.. tenang.... jangan esmosi he he..
    cuekin aja org yg ngga mau diajarin baik mah... ngga usah dipikirin.. ngga penting... he he

    iya yah bener emang ga penting.. ga penting bgt malah. kekekeke...
    --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    @s4l3
    sabar jeungg.. sabar.... jeung emang top dah klo soal bikin makanan buat anak. acung jempol :)

    buat anak mah nyontek sana sini juga dijabanin deh... :D
    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    @manikamanika
    Nyante aja bun. Tuh emak dasarnya males aja.. (kaya saya wekeke)

    hahaha.. ko yah dirimu ngaku males? malesan aku loh mam.. nyuci piring aja jarang :D

    ReplyDelete
  43. bener kath.. skarang lebih milih cuek.. males care2an kl ujungnya kaya ginih.. btw dirimu masi care kan sama eikeh.. ihik ihik..

    ReplyDelete
  44. penasaran ngomong apa sih org itu setelah disarananin rara tuk konsumsi homemade?

    ReplyDelete
  45. maju trs pandang mundur utk mpasi homemade jeng...

    ReplyDelete
  46. sabar ya jeng...
    ku rasa tuh orang lagi sensi berat kali ye....
    jauh banget hubungan antara makanan ke masalah numpang






    ReplyDelete
  47. sabar ya bun,.. mungkin orang itu ga bisa nerima saran bunda jadi merembet kemana2.. yang penting kita tetep maju terus homemadenya bun.. kita yang tahu yang terbaik buat anak2 kita:)

    ReplyDelete
  48. aku dulu jg numpang mertua, suka diejek-ejek gitu deh sama temen kantor, tapi pas tahu aku pindah ke rumah sendiri, bukan ngontrak langsung deh pada diem.

    sebenarnya suamiku juga laki2 terakhir lho, tapi karena aku ga betah tinggal sama orang lain jadi deh aku misah rumah, dan sekarang mertuaku cuma tinggal berdua sama adik iparku.

    ReplyDelete
  49. kynya dia tersinggung gw ngomong mkanan instan benernya ga ada gizinya bla bla blaaa.. yah gw mah cuma textbook aja ir dr hasil googling. dia balaslah nyakitin hati gw dgn ngomongin soal materi (yg nurut gw bkn tolak ukur suatu ksuksesan), hidup gw yg numpang dan bhasanya pun lgsg kasar dan kampungan ini yg bikin gw ga suka :X

    ReplyDelete
  50. semoga kita bisa konsisten dan ga pernah brenti blajar ya bun :)

    ReplyDelete
  51. kl aku mah malah betah. betah bgt!
    bumerku baiknya udh ky ibu sendiri. duuh terharu ah jd keinget ibu alm ku.. :(

    ReplyDelete
  52. 5 S for wednesday! sabaaaaar... sabaaaaar... sabaaaaar...s abaaaaar...s abaaaaar...

    ReplyDelete
  53. bikin homemade emang nggak gampang. banyak godaannya, terutama untuk ibu yang sok sibuk kayak sayah. hehhe. jadi saluuuut buat yg bisa homemade!

    hidup homemade!

    ReplyDelete
  54. Weks... bunda eksmosi nih ceritanya...Ga pa pa bun, normal kok kalo emosi gitu, asalcepet turun lagi, namanya juga manusia (excuse nih). Aku juga ada cerita soal ngasih saran malah salah hehehe, ntar deh aku posting ... Yang senasib sama bun...

    ReplyDelete
  55. Ratih ..darling.....Sabar ya non. Mudah - mudahan temenmu yg mempermasalahkan kehidupan kamu ini cepet cepet istighfar. Mungkin temenmu ini lupa satu hal bahwa rezeki, maut dan jodoh ini adalah qadha /ketetapan Allah SWT. Bukan ditangan manusia. Nah jangan sampai beliau ini menjadi golongan orang yang tidak beruntung yg tidak mempercayai ketetapan Allah.

    Dan buat neng ratih ini adalah ujian buat hatinya ratih, maksud ratih kan baik , menasehati yang baik malah tanggapaannya gak karu - karuan. Ini artinya insyaallah ratih sedang mendapat ujian, artinya mau naik tingkat neng....? Amien. Kudu sabar en ikhlas nerima ini ya neng ya...semoga malah menjadi barokah buat Ratih, Akang ama si neng aya nu geulis pisan.

    Pandangi mata bulatnya neng aya rat..dijamin hatimu akan sedingin es...hehhehee

    ReplyDelete
  56. Caiyoo ya sis, aku juga pernah mengalami kok dan ikutan jadi naik darah, tapi aku langsung ingat niat awalnya cuma pengen kasih sedikit saran yang mungkin bisa bermanfaat buat orang lain, kalau sarannya diterima Alhamdulillah bisa berbagi sedikit ilmu, tp kalau ga diterima dengan baik ya gpp juga, paling tidak sudah berusaha berbagi sedikit kebaikan (duuhh sok wise banget nih..)

    ReplyDelete
  57. aduh..aduh...emosi jiwa...
    biarin aja itu orang mo ngomong apa, teh ratih...mengutip dr blognya teh kathy: belum semua orang bisa berkata "anda beda, saya tidak apa-apa"...

    *hugs*
    (gini2, saya malah yg terinspirasi dr teh ratih lo, sering nyontekin resepnya aya, dikasi ke nicholas...yah, kayanya kita patut kesian juga ke itu orang yah, teh...berarti kan dia gak pernah menikmati perasaan bangga n sueneeeeeeng kalo kita bikin makanan homemade n anak kita suka...)

    ReplyDelete
  58. Haloo Ratih & Neng Aya..
    Homemade food ama tinggal bareng ortu ga ada hubungannya. Jaka sembung naik ojek :)

    Klo skrg kayaknya sebagian org beranggapan homemade food sebagai pilihan, bukan kewajiban. Dan tiap pilihan pasti ada konsekuensinya dong...
    Jadi... Hidup homemade food! hehehe kayak lagi kampanye ieu...
    (tetep semangat walau suami seneng bgt nyaranin instant food saat Hamzah mamamnya sedikit dan susyah)

    ReplyDelete
  59. aku kasih lagu favoritnya azwa saat ini yaaa..

    Koq Gitu Sih - Dewiq

    ReplyDelete
  60. bener yah ada rumus 5S.. thx ummi...

    ReplyDelete
  61. emg sibuk beneran kan mii... huehuehue...

    ReplyDelete
  62. postingan yg di wc ya bun..? skrg mah aku mau cuek aja ah ga ambil pusing. hihihihi...

    ReplyDelete
  63. haduuh emg teteh yg satu ini selalu ngebikin diriku tenang..
    nuhuuun....

    ReplyDelete
  64. yup setuju.. kl sy kan ngungkapinnya pk pendapat pribadi lha ko pk tersinggung.. ga ngerti jadinya.. :D

    ga sok wise ko... :)

    ReplyDelete
  65. kynya... anda beda, saya tidak apa-apa perlu djadiin motto ni.. *bola ga kath..? ;) *

    *big big hug*

    ReplyDelete
  66. dulu pun aya susah makan teh.. mkn cuma seuprit2 trus dilepeh2.. tp tetep sy ga ngelirik rak makanan instan. emg tergantung ibunya yah akan brusaha sebisa mungkin mmberikan nutrisi yg terbaik. buat otak kok main2. hehehhehe...

    ReplyDelete
  67. halah ga kpikiran knpa jdulnya ga.. kok gitu sih aja.. hahaha
    thx kiriman lagunyaaa... muah..!

    ReplyDelete
  68. @tante depe

    halah ga kpikiran knpa jdulnya ga.. kok gitu sih aja.. hahaha
    thx kiriman lagunyaaa... muah..!

    ReplyDelete
  69. aih..udah lam gak nengokin mp, udah lama juga gak ketemu bunda Aya..sabar bunda...hidup untuk berubah kearah yang lebih baik itu gak gampang kok, jangankan ngeyakinin orang lain, kadang meyakinkan diri sendiri aja susyaaaahhhh bangetttt. Hidup MPASI homemade dan hidup sehat lah pokoknya mahh..jangan pernah menyerah...:)

    ReplyDelete
  70. aih senengnya ditengokin mama bita.. salam kangen mam.. :)
    iyah yg penting mah hidup homemade food...

    ReplyDelete
  71. Ooh ini ya postingan TENTANG AKU???

    *diliatin ibu2 yang komen*

    please deeeh ngapain jugaaa ku komen soal numpang lah aku aja menuumpaaaang =))

    *menuduh yang salah tuduhan*

    toss ay!!!

    ReplyDelete