Monday 9 November 2009

Mengenang perjalanan ASI-mu


ALhamdulillah perjalanan ASI Aya terbilang mulus kaya jalan tol.. walo di hari pertama saya melahirkan (caesar) PD tampak kempes dan (merasa) tak berisi setetes susu pun, sampe2 saya kuatir kalo saya termasuk wanita yg ga bisa memproduksi ASI tapi untungnya teori ASI sangat melekat di otak saya kalo setiap wanita 99% pasti bisa menyusui.. DAN BENAAARRR..!!


Akhirnya di hari ke2 PD perlahan2 mulai tampak berisi *jiaahhh* dan Aya pun mulai belajar menyusu pada bundanya, 5 hari Aya di RS susunya campur ASI+SUFOR eeh sampe hari ke 6 denk aya masih sempet campur susunya dan baru di usianya yg ke-7 hari sampe di usianya yg ke-25 bulan kurang 3 hari dia FULL ASI. Subhanallah..!

Saya sangat2 beruntung dkelilingi orang2 yg sangat mendukung ASI ya si Oma dan si Ayah merekalah adalah org2 terbaik buat saya. Selama proses menyusui pun belum pernah PD saya terluka, sobek, tergigit apalagi sampe berdarah2.. wah pokonya bener2 lempeng jaya makanya ga heran kan kl saya bener2 patah hati karena disapih aya... karena proses menyusui yg saya jalani teramat sangat indah dan nikmatnya.

Aya bisa dibilang bener2 produk susu bunda sejati, coba dikasi UHT plain paling poll dia minum 50 cc itu pun paling sebulan skali. wkakakaka..! coba dikasi UHT yg ada rasanya juga sama ajah ukuran kotak paling kecil bisa berjam2 ga habis2.. coba lagi dibeliin susu sapi lembang yg rasanya jauh lebih enak dr ultra tetep aja ga mau. Buat aya susu bunda the best in the world.. lagi2 Subhanallah.. susu bunda pasti enak krn pembuatnya aja Yg Maha Sempurna Menciptakan Segala Sesuatu...

Jadi kl sampe skarang aya masih belom bisa beralih ke lain susu buat saya ya ga mengherankan dan saya jg ga pernah memaksa aya supaya suka susu lain slain susu bunda... untungnya kalsium ga hanya terdapat di dalam susu kan..? jadi yah santai weee kl ni anak ga minum susu yg penting mah ngegiling terus ya Ay...! :D

Bravo Sarjana ASI ku...! (IPK: 3.90)
Bravo Master ASI ku...! (IPK: 4.00)
Bravo Profesor (ralat: Doktor) ASI ku..! (IPK: 4.00)

*masih teteph menghibur diri pasca disapih Aya*

68 comments:

  1. Bravo!
    Kasih alhamdulillah sarjana dan master ASI-nya lulus dgn IPK 4.00, tinggal doktornya nih..mudah2an bisa lulus dgn IPK yg sama, alias FULL ASI sejak hari pertama kelahirannya sampai dengan selesai disapih.

    ReplyDelete
  2. eh sampe 2th teh Doktor yah..? salah donk gw Na :D
    amiin.. semoga bisa summa cum laude yah..!

    ReplyDelete
  3. mdh2an Azri bisa sampe Doktor kyk neng Aya....
    bunda jgn sedih ya. ntar dikrmin chezcek deh utk pelipur lara... chzcake ini utk bunda ya, neng Aya jgn diksh biar ga terkontaminasi hehehe....
    mmmuuuuahhh..mmmuuuahhhh utk Aya cantik... sehat trs ya neng...

    ReplyDelete
  4. mudah2an azri bisa sampe S4 alias Profesor ASI.. Amiiin...!
    bun bun aku ga mau cizkek.. aku maunya netbuk ajah.. kirimin ya bun. kekekkeek..!

    ReplyDelete
  5. Aku selalu ikutan mellow kalo baca weaningnya orang lain, terutama yang mulus. Soalnya aku ga mulus...
    Aku aja sampe sekarang masih suka ga rela waktu itu nyapih paksa Kinan...
    Sini neng, dipeluk....
    Ngupi2 kopi luwak yuuukkk :D

    ReplyDelete
  6. haha ... masih mau dilanjut sampe profesor trus sampe guru besar ya, buu? :))
    wew ... lempeng ya? kalo aku sih sampe berdarah-darah, malah sampe mlentung tuh digigit2 vlea. sakiiiiitnya ... kayak disilet2 (lebay, haha). kira2 sampe umur 3 bulan, baru deh gak kerasa sakit. Sekarang masih suka kangen juga nih nyusui, soalnya kalo nyusui sambil guyon2, kithik2kan, n cerita2 heboh. tapi Vleanya dah gak mau. dia sukanya cuma nowel2 nenen sambil bilang, "iiih ... nenennya lucuuuu banget. cantiiiiik banget!' wakakak
    bravo neng aya udah bikin emakmu patah hati. good job, nak :P

    ReplyDelete
  7. Huaaa bun, acik bnr lempeng gt..
    D sbln pertama kl nyusuin meringis smbl blg sayang anak sayang anak haha.smpt parno nyusuin pas E br tmbh gigi, cm pas merem aja haha. Untung skrg ud bs smbl curhat ;p
    Btw kl E kdg2 aq kasi UHT, plg seminggu 1-2x, tar IPK nya brp bun? Iseng aja seneng liat mukanya kejep2 dingin gt huahaha tp pol abis 100ml.

    ReplyDelete
  8. bravo aya...^.^
    "ancor..ancor."..kata bundanya...:D *bener ga tuh nulisnya?*

    Lala ma aya mirip bnr ya..gw jg ga kerasa kalo disusui lala...kok bs ya ga ngegigit qta,gmn cara mereka nyusu ya? Aku kira krn lala dulu IMD jd pinter nyusunya..tnyta ga IMD jg bs pinter ya..^^

    ReplyDelete
  9. Teh, boleh nanya nggak, knp dulu caesar? ada IMD gak?

    Wah perjalanan ASInya tanpa pake PD lecet berdarah dan retak2 ya Teh? Kalo Inez mah..wuduhhh penuh perjuangan deh sampe suka perih dan bikin nangis, belom lagi pas mastitis wooooo.....sampe panggil emak-emak tukang urut ke rumah... tapi sebanding banget itu semua, lihat anak sehat dan gak gampang sakit, cerdas pula!

    ReplyDelete
  10. perjalananku masih panjang hehe...
    semoga bisa menikmati tiap detiknya

    ReplyDelete
  11. wuihhh...hebadd...lulus nya super cum laude uyyy...4 jempol buat aya dahhh....hebad bun, gw mah dari mastitis yang sering, cracking nipple, ampe pas pumping aja asipnya jadi warna pink, karna campur darah dari bekas digigit..hikkss....*curcol*....hebad ayyy...kamu memang pintar...sepertiiii....:D

    ReplyDelete
  12. whehehe.. sama teh aku jg masi blm rela selera2nya dsapih aya :D
    tu kopi blm abis2..? mauuuu....!

    ReplyDelete
  13. mau mau mau.. sayang ayanya ga mau euy.. :D
    yg sakit2nya tuw yg bikin pahala lu lbh gede dr gw mbok.. kl aya cuma di 3 bulan pertama doang tarik2 nipple, diuluuuur sampe brasa elastis tp emang sngaja ta biarin sambil ngomong "ntr kl udh ada giginya no no no yaaa.." dan bener lohh sjak gigi ptamanya keluar ga ada tu tarik2 nipple emaknya :D

    vlea emang paling bisa nyenengin hati maknya.... emg beneran cantik ya nduk enen makmu..? heuheuehue

    ReplyDelete
  14. whahaha.. E gemesh tu pingin ngasah giginya :D
    yg penting mah bisa nyusu terus sampe E sendiri yg nyapih, IPKnya mah dijamin deh diatas 3 ^^

    ReplyDelete
  15. yaelah dsini mah walo ada salah2 kate pasti dimaapin deh. kekekeke
    knapa aya pinter nyusu soalnya waktu nyusuin aya maknya open book mluluw, ooh dagu musti nempel sejajar dg PD.. whahhaha.. teorinya plek plek plekk.. :D

    ReplyDelete
  16. caesar karena stelah dtunggu sampe 12 jam kpalanya aya ga turun ke jalan lahir *tp kynya mah kl lahiran di bidan bisa diusahain normal deh* ga IMD karena RSB-nya saat itu blom pro IMD, blm pro ASI tp kynya mah skarang udh jd RSB sayang ibu dan bayi deh ^^

    yup bener bgt.. walo luka bdarah2 insyaAllah inez jd anak yg sehat dan cerdas..

    ReplyDelete
  17. yup.. nikmatilah setiap proses mnyusui.. indahnya tak tergantikan oleh apapun juga..

    ReplyDelete
  18. Neng Aya hebat...sehat terus ya, dan tambah sholihat...amiin

    Doakan dek Hamzah ya, smg bs jd Doktor ASI jg, amiin...

    ReplyDelete
  19. yah makk.. gw pan open book mulu waktu nyusuin aya jadi lancar blass deh..
    slama perlekatannya bener dijamin PD ga akan luka2 dan ASI pun akan mengalir derasss... :D

    ReplyDelete
  20. Amiiin.. makasi Ummi..
    semoga dek Hamzah bisa jadi Profesor ASI yg berhati lembut...
    semangaaaaatt..!!

    ReplyDelete
  21. Bunda dan Aya emang tob banget. "two tumbs"

    ReplyDelete
  22. subhanallaah...bunda n aya bener2 hebat..saluttt...
    mau liat dong aya pake toga-nya..kekeke

    ReplyDelete
  23. bunbun dan aqila juga tob.. *4 jempol*

    ReplyDelete
  24. whehehe.. ntr deh dbikinin pke sotosop dulu toganya :D

    ReplyDelete
  25. ihik2, ngiri ga pake lecet2an, karena dulu aku lecet2 dan mengelupas2
    selamat ya ay, lulus cumlaude ^_^

    ReplyDelete
  26. hehehe.. iya teh aya mah cuma doyan susunya doang tp ga doyan nggingit :D

    ReplyDelete
  27. keren... selamat untuk bunda dan aya... dan tentu saja ayah dan oma... gak ngikutin perkembangan ne, baru turun lapangan penelitian...

    ReplyDelete
  28. aminnnnnnn doakan kami ya bunda & teh aya wisudaan gt kikiki

    ReplyDelete
  29. huaaaa dina bgt liat E nangis lgsg lupa teori, yg ptg masuk glek glek diem. hasilnyaaaa..?? lecet sempurna

    ReplyDelete
  30. sama kaya gue waktu disapih sendiri sama Izan...
    rasanya nga rela banget..
    sampe sekarang aja gue masih suka nawarin Izan untuk nyusu ama gue hiks...

    ReplyDelete
  31. Ayaaaa main ama 2i yuk............

    ReplyDelete
  32. wah hebat euy
    si abang sarjana aja ga lulus :(

    ReplyDelete
  33. hebattt.. finnally u both did it !!!
    ayo ay..jadi kaka aja sekarang biar bunda ngASI lagi..
    sehat sehat yah ay

    ReplyDelete
  34. Senengnya gak pake lecet2. Soalnya pas anak pertama dulu 2 minggu pertama yg penuh perjuangan, karna puting lecet bergantian. Yang ke-2 ini sempat sedikit lecet jg karna PD bengkak akibat over produksi.
    Selamat ya neng Aya, udah lulus cumlaude. Tapi kasian tuh bundanya nangis2 karna disapih ama neng :-)

    ReplyDelete
  35. wah senangnya di mampiri ibunya mas Fay...
    salam buat si mas ya buu..

    ReplyDelete
  36. hihihihihi....bunda masih merana disaping si neng aya..sabar ya bun
    enak bener ga pake sakit2, gw jaman darrell ma khosyi pake bengkak en demam..produksinya sangat banyak, bocah minumnya masih sedikit2....

    ReplyDelete
  37. wah senangnya di mampiri ibunya mas Fay...
    salam buat si mas ya buu..

    ReplyDelete
  38. amiiin... semangat buat E dan mommy D yah..

    ReplyDelete
  39. baca kisah neng Aya + mbak Ra..jadi berharap jalanku + Altaf juga lancar sampe S3 ASI. Amien Allahumma Amien

    ReplyDelete
  40. saya juga bun...
    1 hari waktu habis operasi asi ga keluar..
    tapi 2 hari nya asi saya keluar,tapi masih kolostrum nya bun..
    uuhhh..
    semangat 45 deehhh bun saya merah nya..
    sampai2 2 jam sekali mbak ut saya suruh ambil perahan di ruangan suster nya...hehehheee
    sampai2 saya punya stock loch bun di kulkas Rs...hehehehee
    pulang aja bawa 3 botol isi asi smua....
    tapi bun,asi saya cuman bertahan 4 bulan ajah:-(
    selama 4 bulan che che full asi
    tapi setelah itu..
    payudara rasa nya ga ada isi nya bun,kempeeesss ..
    koq bisa ya bun?
    apa mungkin karena saya kaget yah,soal nya waktu itu paman saya meninggal dunia dan saya ga bisa datang bun:-(
    yahhhhhh,gpp dehh bun..
    yang penting saya dah pernah rasain nikmat nya jadi ibu yang menyusui..
    saya janji,nanti kalo che che punya dede..
    harus lulus S2 asi nya...

    ReplyDelete
  41. gpp Din buat pengalaman.. ntr adeknya E bisa lebih jago nyusuin donk yah. hehehe

    ReplyDelete
  42. bravo juga buat neng Yaya dan Ibuu..

    ReplyDelete
  43. jaahhh sama mba... gw juga masih suka ngegodain aya untuk enen lagih :D

    ReplyDelete
  44. mba rita kapan ke bandung..?? kopdaran yuuukk...

    ReplyDelete
  45. tenang yg penting kan caltu lulus S3. wkwkwkwk..
    gih sono bikin anak lagih biar bisa lulus S4 ASI :D

    ReplyDelete
  46. hormon gw blom back to normal ceu...
    setaun lagi palingan.. heueheu...

    ReplyDelete
  47. walo lecet2 tp tetep nyandu nyusuin kan bun..?
    walo perih juga tetep deh minta si adek nyusu terus..
    itu lah hebatnya para busui.. top..!!

    hahaha.. skrg mah ga mellow lagi ko bun :D

    ReplyDelete
  48. produksi ASI-nya banyak bener ya Muu.. subhanallaah... bisa jd donor ASI donk.. :D

    ReplyDelete
  49. Amiin ya Rabb.. semoga dimudahkan dan dilancarkan sampe Altaf bosen sendiri sama nenen bundanya ^^

    ReplyDelete
  50. iya Jen, ASI emang sangat dipengaruhi faktor hormon dan psikis..
    maka dr itu busui ga boleh stress krn akan mempengaruhi produksi ASI.
    gpp jen ntr adeknya Che che dkasi ASI yah sampe 4 tahun. hehehhe..

    ReplyDelete
  51. Subhanallah..terima kasih banyak ya say.. *peluk eraaatt* Aku jadi makin termotivasi setelah baca postinganmu. Setelah selalu dapet cerita2 bahwa menyusui itu adalah siksaan karena bisa bikin kita sampe nangis2 gigit bantal, lecet, berdarah, dst (HOROR BANGETTT! T_T) sampe2 aku kira SEMUA busui akan merasakan hal yang sama. Aku juga sering denger istilah "mastitis" tapi aku terlalu takut untuk sekedar googling nyari tau arti dari istilah itu apa, dan alhamdulillah sampai sekarang aku masih belum tau apa arti mastitis T_T Intinya, parno-ku sudah hampir nyentuh atap deh..nyaris polll..hiks.. T_T

    Jujur aja aku lebih sering denger berita horor tentang menyusui dibanding persalinan, jadi justru menghadapi persalinan aku ngga terlalu takut dan malah menanti2kannya. Yang terjadi setelah itulah yang mencemaskanku, apalagi RSIA-ku 10000% support IMD sampe2 kalo ada ibu yang ngga mau nyusuin mereka akan sekuat tenaga, dari dokter sampai suster semua akan dikerahkan merayu sang mama untuk melakukan IMD. Subhanallah..

    Baca postinganmu bahwa ternyata ada juga toh busui yang menjalani proses menyusui tanpa rasa sakit sama sekali, sungguh melegakanku. Jadi masih ada kans akupun bisa merasakan hal yang sama (Amiin ya Robbal'aalamiin..amiin ya Mujiibas saa iliin..Allahumma Amiin..). Jauh di lubuk hatiku, sebagai (calon) ibu aku sangat-sangat-amat ingin menyusui anakku ini sampai 2 tahun bahkan kalau dia masih mau, aku seneng banget kalo bisa lebih dari 2 tahun. Doain aku ya say..insya Allah aku bisa merasakan hal yang sama denganmu selama proses menyusui kelak. Amiin ya Robbal'aalamiin..

    Salam buat Alika ya say..duh cantiknya anakmu..insya Allah Alika jadi anak shalihah, amiin.. *peluk lagi* Muach! ^_^

    ReplyDelete
  52. Hampir lupa sama yang mau ditanyakan, hehe.. Buku pedoman menyusui yang kamu pakai selama menyusui Alika judulnya apa? Mau juga donk open book terus selama nyusuin, masih odong banget niyh urusan susu-menyusu, hehe.. :p

    ReplyDelete
  53. Hai mom to be.. dirimu mendapat penghargaan atas komen terpanjang di jurnal ku.. hahahaha... salam kenal ya Ummi.. ^^

    aku sempet dibilang 'gila' sama temenku karena aku sakaw aya ga mau nyusu lg sama aku krn buat aku menyusui tu udh kaya candu dunia..
    ntr deh mi rasakan sendiri kenikmatan memandang wajah mungil nan lucu sedang menikmati seteguk demi seteguk air susumu, matanya, mulutnya jari jemarinya.. waaahhh subhanallah luar biasa indahnyaa..

    aku referensikan satu buku yg TOB bgt.. judulnya Natural Baby-Janet Balaskas, selain itu aku punya artikel All About ASI insyaAllah ntr aku cariin deh, bisa minta alamat imelnya kan..?

    ntr kl udh lahiran kabar/i yah.. aku siap ko diganggu kapan aja kl kamu butuh bantuanku.. makasih udh mampir ke rumahnya Aya.. dan salam buat si janin yg lucu.. ^^

    ReplyDelete
  54. Congratulation Alika Tsuraya Ostman as the summa cum laude honor for Doctor of ASI

    ReplyDelete
  55. Wuihh! Hatur nuhun guru besar Mamiyoo..

    ReplyDelete
  56. hahhah salah guru besarnya ya Mrs. Ratih Ostman

    ReplyDelete
  57. Ya udh deh kl gitu mamiyoo rektornyah. Deal nyak! :D

    ReplyDelete
  58. hua..hahahahahahah iya deh ngalah, takut ditimpuk ama kue ultah.hahahhaha

    ReplyDelete
  59. Hehehe sip sip! Juragan tumpeng emg kudu ngalah yaa.. :p

    ReplyDelete
  60. selamat ya aya dan bundanya...
    hebat perjalanannya bs mulus begitu...
    jadi inget perjalanan saya yg singkat dan traumatis hiks...
    dari mulai bengkak yg sakitnya sampe ngalahin sakit bekas operasi, lecet2, tangan dan kaki nahan sakit selama nyusuin, sampe kena mastitis pas bayiku satu bulan, pd kiri harus dioperasi dan asi terpaksa harus distop paksa.
    moga2 kelak kalo diberi kepercayaan anak ke-2 bs lebih lancar ky bunda dan aya :)
    sekali lagi selamat ya...
    (sori jd curhat mode on ;p)

    ReplyDelete
  61. hiks sedih bgt baca curcolnya mba indira..
    bisa bengkak trus sampe mastitis itu knp mba..? huwaaa ga kebayang PD-nya bahkan sampe dioperasi.. :(

    amin amin amin.. semoga utk anak yg ke-2 bisa lancar dan berkah ASI-nya..
    peluk ciumku buat si ganteng ya mbaaa... ^^

    ReplyDelete
  62. ga tau juga mba kenapa... mungkin karena stres, kelelahan, dan ga tau cara massage pd, jadi asinya ga lancar, salurannya tersumbat, kelamaan jd radang hiks..
    ya moga2 pengalaman buruk saya ga akan terulang pd siapapun..

    makasi doanya bunda... amin deh...
    salam sayang juga buat aya :)

    ReplyDelete
  63. wah bener.. ASI yg tersumbat emg bikin panas dingin yah.. tp kl smape dioperasi sgala, haduuuhh... :((

    semoga mba In ga kapok yah nyusuin lagi nantinya.. ^^

    ReplyDelete
  64. Alhamdulillah. perjalanan asinya mbak lancar yaa..
    Doakan aq ama baby Fathih juga bs sampe S3 yaa. Soalnya kadang ngerasa "kok dikit", "kok gak KW1 nih asi", "kok gak bertambah chubby nih baby", dan kok. kok lainnya.

    ReplyDelete
  65. skarang ganti kok-koknya jadi.. alhamdulillah walo baby fathih ga gemuk lincahnya minta ampun... walo ngerasa ASI ga KW1 tp baby fathih sehat teruss (padahal ASI tu yg the best lohh Mba Ir..) pokonya mah kudu optimis dan positif thinking yaaaah....

    ReplyDelete
  66. Ehh..baru ngeh! Ternyata udah direply tho postingaku, maap yaaa balasnya lama..hihi.. =D Salam kenal juga bunda/ummi/ibu/mama/mami/mommy Alika (ngga tau dirimu dipanggil apa sama Alika, hwehehehe.. =P) Awww..jadi malu dibilang post terpanjang, biasanya aku ngga pernah posting panjang2 di MP orang tapi karena semangat banget baca ceritamu jadi ngga bisa berhenti ngetik deh..ihik.. =P

    Baca post-mu bikin aku jadi makin ngga sabar pengen ngerasain jadi busui..semangatku jadi makin tinggi nih untuk breastfeed si kecil (yang masih belum tau mau dikasih nama siapa, hehe), denger ceritamu sepertinya indah banget ya moments menyusui itu..hiks..makasih ya say..doain insya Allah aku bisa ngalamin moments seindah yang kamu alami, amiin.. :-*

    Waw..boleh banget tuh kalo ada artikel2 tentang menyusui, aku masih bener2 buta nih..tolong kirim ke emailku di ummubebek@hotmail.com ya say, cant thank u enough! ^_^

    Sip..sip..insya Allah estimasi due date sekitar awal-tengah Desember '09, nanti insya Allah kukabari kalo udah brojol, wkwkwkw.. Seneng banget deh kenalan sama kamu.. =)

    ReplyDelete
  67. wah sip sip.. semoga persalinanmu lancar ya ummi... jgn lupa kabar-kabari diriku yah.. ASAP aku kirimin artikel ASI-ku kl bisa mah di print ajah trus bawa buat bekel ke RS yah.. ^^

    ReplyDelete