Thursday 28 January 2010

Andaikan waktu bisa di ulang..

If I had my child to raise all over again,
I'd build self-esteem first, and the house later.
I'd finger-paint more, and point the finger less.
I would do less correcting and more connecting.
I'd take my eyes off my watch, and watch with my eyes.
I would care to know less and know to care more
I'd take more hikes and fly more kites.
I'd stop playing serious, and seriously play.
I would run through more fields and gaze at more stars.
I'd do more hugging and less tugging.
I'd see the oak tree in the acorn more often
I would be firm less often and affirm much more
I'd model less about the love of power
and more about the power of love
~Diane Loomans, from "If I Had My Child To Raise Over Again"

Transliterasi bebas:

andaikan aku bisa membesarkan anakku dari awal lagi,
aku akan membangun kepercayaan diri dulu, baru membangun rumah nanti.
aku akan lebih banyak melukis dengan jari,dan lebih sedikit menunjukkan jari (untuk menyalahkan)
aku akan lebih jarang mengkoreksi, dan lebih sering meng-koneksi (menjalin hubungan)
aku akan mengurangi melihat waktu dan melihat dengan mataku
aku akan tidak perduli untuk tahu sedikit dan tahu untuk perduli lebih banyak
aku akan lebih sering berjalan-jalan dan menaikkan layang-layang
aku akan berhenti bermain-main serius dan serius bermain-main
aku akan lebih sering berlari dan memandang lebih banyak bintang
aku akan lebih banyak memeluk daripada menarik
aku akan lebih sering melihat pohon dalam bijinya
aku akan lebih jarang menjadi tegas dan lebih sering menyetujui
aku akan lebih jarang menjadi model atas kecintaan terhadap kekuasaan
dan lebih pada kekuasaan cinta
---

sayangnya..kita tidak akan pernah bisa mengulang masa..
jadi pergunakan sekarang dengan seksama
agar tak menyesal nantinya.

happy parenting!

sumber: http://www.facebook.com/note.php?note_id=442407265656

39 comments:

  1. tapi bentar lagi cita2ku terealisasi bun jd FTM he.. he

    ReplyDelete
  2. dalem bangeeett... hiks...
    tfs ya,mba..

    ReplyDelete
  3. bunda jd pindah ke yogya..? kita ketemuan dulu donk bun..
    kl ke yogya aku makin jauh ni. hikss

    ReplyDelete
  4. sama2 bunda..
    aku aja langsung nyesek bacanya :(

    ReplyDelete
  5. hwaaaaa...heuu huu huu...TERTAMPAAARRRRR......nuuhuunnnn buat postingannya....

    ReplyDelete
  6. makasih untuk selalu saling mengingatkan..posting beginian membuat aku jadi lebih ngeh lagi mba...mau mandiin ridho dulu yah..hihi OOT...

    ReplyDelete
  7. join nin di fb-nya.. catatannya bagus2 bisa ketampar bolak balik deh. hihihi..

    ReplyDelete
  8. aya bobooo dan blm mandi... *ngintip ridho ahhh!*

    ReplyDelete
  9. apaan teh id-nya..? its really remind me..a lot..

    ReplyDelete
  10. kita dan buah hati..
    bagus bgt nin..

    ReplyDelete
  11. hiks...ini yg sy lakukan setiap hari berusaha menjadi ibu yang lebih baik setiap harinya, berusaha berhati2 dengan apa yg sy lakukan terhadapnya ..berusaha dan terus berusaha...tfs ya ra

    ReplyDelete
  12. ternyata jd ortu kudu punya ilmu ya Dee.. makin ngrasa bodoh ga sih..? ihiksss!

    ReplyDelete
  13. iya ra..apalgi kalo baca pengalaman ortu lain ..gw mrasa kok gw msh sj blm punya konsep yg jelas dlm mendidik anak-anak..merasa bodoh..belajar gak pinter2..tp insyaallah ra..kita adalah orgtua terbaik bg anak kita..karna Allah sdh memilihkan siapa yg lahir lewat rahim kita..semangattt

    ReplyDelete
  14. VERY LIKET THIS

    thanks for sharing mbak Ra

    ReplyDelete
  15. iya mba, kl begini nyesel kl gak gunain wkt sungguh2
    tp setidaknya everyday berjuang dan berjuang

    ReplyDelete
  16. iya bundaaa....
    pokok nya iyaaa aja....hehehee

    ReplyDelete
  17. hiks... tfs bun. sudah diingatkan..

    ReplyDelete
  18. wihh jadi feel bad gini...
    tfs ra..

    ReplyDelete
  19. jadi mellow...thanks for reminding yah Mbak!

    ReplyDelete
  20. raraaaaaaaaaaaa.....knapa baru posting skarang cintaaaa??? uhuhuuk...
    makasih yaa..
    btw sabtu, 30jan nanti gue mau ke bdo, kopdar yuuk..

    ReplyDelete
  21. lha gw aja baru dapet.. :P
    hayuukk.. sms aja yakk, semoga mah besok cerah seperti hari ini. amiin....

    ReplyDelete
  22. hummmm
    makasih dah mengingatkan jeng^^

    ReplyDelete
  23. Duh, TFS mbaaak! Semangaaat, do the best lah.

    ReplyDelete
  24. toooobbb!!
    tengkyu mba rara.....

    ReplyDelete
  25. jadi sedih..hehehe.. thanks mbak ra,,

    ReplyDelete
  26. s7 ^_^
    Alhamdulillah Lala membawa daku menjadi seperti itu..n beneran bikin win-win solution deh..happy parenting,ra..

    ReplyDelete
  27. sedih..
    makasih teh. happy parenting juga ya :)

    ReplyDelete
  28. hiks hiks.... emaaakkkk i'm comiing.....
    baca ini jadi inget emak gw *tersedu sedu*

    ReplyDelete