Sunday 15 February 2009

MLM..? thx but no thx

sabtu kemarin merupakan ajakan kali ke-2 dr seorg tmen kuliah sy. awal2 ngajakin ktemuan sy emg ga bs krn saat itu cuaca emg tdk mdukung utk keluar rmh. nah tnyata sabtu kmrn dia menghubungi sy lg yg mengatakan kl dia sdg ada d bdg dlm acara ptemuan akbar MLM XXX dan sy dminta ksdiannya utk datang k jl. suralaya.

duh ngedenger MLMnya aja sy udh ilfeel mana mau sy mengorbankan waktu utk datang trus bbrapa jam kmudian tmen sy nelpon ktnya mau k rmh dan sy psilahkan jika niatnya emg utk bsilaturahmi krn sy sudah menegaskan sy ga bminat ikut2an MLM.

dan akhrnya bner tmen sy datang bsama dgn 5 org tmennya dan sy pun udh menduga ga mungkin dia hanya skedar bsilaturahmi..

karena jam sudah menunjukkan jam 19an yg itu brarti sudah masuk jam tidurnya aya jadilah si ayah yg sy tumbalin utk mendengarkan penjelasan2 ttg MLM tsb dan tetep aja TERIMA KASIH KAMI TIDAK BMINAT.

duh mendingan sy buka lapak jualan buku deh dr pada menjual mimpi wlo mungkin emg bs jd kenyataan..

keinget si ayah yg ngedumel2.. damn..damn gw kan laper, dnger tmen kamu ngomong jd tmbh laper. kekeke..

51 comments:

  1. ya sabar2 ajah ;)) ... hihihi bingung pastinya kalo di kroyok yak

    ReplyDelete
  2. hehehe..
    MLM memang gada abisnya deh

    ReplyDelete
  3. heran. masih aja ada yg percaya ama MLM..

    ReplyDelete
  4. Jangankan temen sis,kerabat aja bs setengah mati ngrayu kita klo mrka udh keracunan MLM. Heran dah tu MLMers.
    Jadi inget Tora Sudiro difilm Quicky Express,dia blg gni 'Mending jd gigolo drpd ikut MLM'.
    Kakaka..

    ReplyDelete
  5. Mbak, maaf hanya memberikan sedikit komentar. Kebetulan saya dulu juga pernah punya pengalaman seperti Mbak dan sinis dengan bisnis MLM. Sampai suami saya dan para sepupu ada yang ikut MLM juga saya masih belum percaya. Tapi saya fikir, kita mengambil segi positifnya saja, seperti training. Karena saya pernah mengikuti MLM yang trainingnya mengajarkan tentang sistem manajemen yang baik (gak hanya gembar gembor). Ada juga yang mengajarkan tentang kecantikan. Masalah mereka terlalu hiperbola dan terlalu mengimingi dengan janji-janji manis, menurut saya, ya itulah salah satu metode orang berpromosi karena mayoritas semua orang yang sedang mempromosikan produknya seperti itu. Gak cuma MLM, mbak...marketing di perusahaan-perusahaan juga seperti itu. Saya hanya teringat dengan seorang bapak yang terjun di bisnis MLM dan sedang mempresentasikan bisnisnya ke saya. Ia cerita bahwa sulit mencari pekerjaan di Jakarta. Akhirnya ia mengajar private sana sini. Dari jam 9 pagi - 9 malam. Lalu terjun ke bisnis MLM ABC. Ia cerita sampai ditolak oleh banyak orang, produknya dianggap mahal dsb. Sampaii dihina oleh para ibu tetangganya. Tapi perjuangan demi anak dan istri, akhirnya ia jalani. Sampai sekarang membuahkan hasil. Jadi yah...perlu kita hargai apapun pekerjaan orang itu, meskipun mungkin hanya menjual mimpi. Karena di balik semua itu, mereka hanyalah orang-orang biasa yang ingin menghidupi keluarganya di saat kondisi ekonomi tidak menentu. Maaf, mbak...

    ReplyDelete
  6. yaahh...buat gue sih mlm sama aja kek kerjaan lain sih ra...
    cocok2an...ada yg cocok kerja kantoran, soalnya rejekinya disitu...
    ada yg di mlm, rejekinya disitu...
    jadi klo gue yaaaa..."enngg, ga deh makasih...udah cukup repot neh" =D

    ReplyDelete
  7. Saya juga sependapat dengan Mbak... Saya kurang 'sreg' dengan bisnis ini. Bagi saya, ini cuma cara orang jualan aja... Saya pribadi lebih senang kalau tangan saya ikut 'kotor' dan 'bersepuh keringat' menangani bisnis saya. Kotor di sini maksudnya terjun sendiri, bukan yang lain-lain, hehehe..

    Memang sih, tawaran untuk bisnis ini datang tak henti-henti. Mulai dari janji bakal kaya dalam waktu singkat sampai buaian perayu berdalih 'bisnis tanpa modal'.

    Tapi sulit juga buat saya untuk bisa beneran 'membeli' gagasan yang mereka sampaikan, meskipun mereka sudah berbusa-busa berpromosi kalau yang ikut bisnis mereka sudah naik jaguar semua dan ber-rumah megah nan gedong. It took me more than just fancy cars or houses to get in to it... hehehe...

    ReplyDelete
  8. Saya juga sependapat dengan Mbak... Saya kurang 'sreg' dengan bisnis ini. Bagi saya, ini cuma cara orang jualan aja... Saya pribadi lebih senang kalau tangan saya ikut 'kotor' dan 'bersepuh keringat' menangani bisnis saya. Kotor di sini maksudnya terjun sendiri, bukan yang lain-lain, hehehe..

    Memang sih, tawaran untuk bisnis ini datang tak henti-henti. Mulai dari janji bakal kaya dalam waktu singkat sampai buaian perayu berdalih 'bisnis tanpa modal'.

    Tapi sulit juga buat saya untuk bisa beneran 'membeli' gagasan yang mereka sampaikan, meskipun mereka sudah berbusa-busa berpromosi kalau yang ikut bisnis mereka sudah naik jaguar semua dan ber-rumah megah nan gedong. It took me more than just fancy cars or houses to get in to it... hehehe...

    ReplyDelete
  9. oh ada satu lagi sih...
    klo gue butuh/demen produknya ya mungkin gue ikutan...
    tapi gue ogah pusing2 jalanin bisnisnya, terutama rekrut2an =D

    ReplyDelete
  10. hihi..pdhl aku ikutan MLM juga loh...;)) (waduh habis ini jgn2 diremove dari contact nih)
    tp tenang aja..klo sy gak pede klo promo nyambangi dari satu rumah ke rumah lain...
    sementara ini pake produknya aja..kebetulan dibikinin replika website yg otomatis..jd diem aja..tau2 di email..ada yg mau daftar jd downline..hihi..;))

    ReplyDelete
  11. yaattiihh..
    biarin ajalah..selama gak maksa mah gpp..klo cuman sekedar memperkenalkan produk mrk..klo cocok toh gak masalah kan..tp klo dah maksa..beeeuuhh..
    si yg bersangkutan itu jg tempo hr call gw tiba2..ngajak ketemuan..susye..sibuk ah..;p

    ReplyDelete
  12. wakakakka.. jadi inget postingan tempo hari. kasi bocoran dong MLM apaan???
    kalo cuma nawarin mah kagak masalah tapi kalo nawarinnya kagak ngarti etika ya ogah juga. bisa merusak hubungan persahabatan malahan. tau sendiri kan MLM jenis apa yg suka maksa. Oriflame, Tupperware, Sophie kayanya engga deh...

    ReplyDelete
  13. kasian Ayahnya Aya kelaperan, wahahahaha....

    ReplyDelete
  14. Aq sih pada dasarnya ngga suka dan ngga bisa bisnis MLM tapi jujur aq salut sama orang2 yg bisa sukses ngejalanin itu karena ngga gampang lho.. Gimana mereka memotivasi orang utk gabung, jualan produk, ikut training ini itu. They're not just selling dream, honey. Mereka juga usaha & kerja seperti kita kantoran. Aq sih lebih bisa menghargai para MLM-ers ini drpd marketing kartu kredit hehehe..
    Sabar ya bu klo lain kali diprospek ma MLM-ers lagi, anggap aja amal dengerin orang ngomong hehehe..

    ReplyDelete
  15. Hehehe, aku malah hobi banget ngerjain MLM, soale dah kebukti bisa buat bayar cicilan rumah. Mbak ini mungkin kurang info aja, boleh mbak main2 ke sini nih mbak : www.meuthiarizki.com. Aku baru aja pulang dari Solo nge-drill warga solo agar lebih smart lagi dalam mencari uang membantu semua.

    Silahkan juga kalo mau mampir ke blog ku yang ini atau ke ilnaoriflame.blogspot.com. Pesan saya : lihatlah semua dengan lebih jernih :)

    ReplyDelete
  16. siapa tuh bu ? irwin ya ? heheheh ... melia nature ya ?? hihihihi ... *nebak aja loh* soalnya gue juga diajakin ma dia. and no thanks :)

    ReplyDelete
  17. Kalo MLM mending yg biner bukan piramid. Karena lebih riil juga untungnya. Kalo yg model piramid gt kasian bikin org fanatik ky sm agama aja. Pdhl MLM ky gt jg hukumnya dlm agama g jelas.

    ReplyDelete
  18. yah kl datengnya tidak di jam2 bobonya si aya sih its oke ya ka.. :(

    ReplyDelete
  19. MLM mnurut gw sih rie buat orang yg tingkat kepercayaan dirinya sangat tinggi dan sangat optimis.. salut sih sebenernya.. hebat mereka2 itu..

    ReplyDelete
  20. hahahaha... *ngakak beneran ni soalnya blom pernah nonton quickly express*

    ReplyDelete
  21. iyah mba dita.. saya juga cukup angkat topi ko sama orang2 MLM.. semangatnya.. optimisnya.. pedenya.. semuanya TOB..! hanya mungkin terkadang mereka suka melupakan ato kurang mengindahkan jam2 privasi orang yg akan mereka rekrut.. coba andaikan mereka lebih kalem mungkin si target akan tertarik, ga tertarik sama MLM-nya sih tapi bisa aja kan tertarik sama produknya..

    yah intinya mah jualan boleh tapi ngerti privasi lah.. ga tau2 hilang kontak eh tiba2 ngajak ketemuan mau promosi ini itu.. fiuuh..!

    ReplyDelete
  22. mengerti potensi diri juga bisa kan kir..?
    lha kemaren temen gw sebenrnya nyariin downline buat si A tapi si A-nya malah sibuk mainin HP..

    ReplyDelete
  23. mengerti potensi diri juga bisa kan kir..?
    lha kemaren temen gw sebenrnya nyariin downline buat si A tapi si A-nya malah sibuk mainin HP..

    ReplyDelete
  24. mengerti potensi diri juga bisa kan kir..?
    lha kemaren temen gw sebenrnya nyariin downline buat si A tapi si A-nya malah sibuk mainin HP..

    ReplyDelete
  25. sama mba.. saya lebih suka yg realistis.. k udah ngomongin dalam sekian bulan dapet sekian juta.. bla..bla..bla... buat saya ini mah money game..

    sebenernya saya pernah ikutan MLM waktu masih kuliah.. eeh bgitu udah tertarik dan daftar trus si temen saya yg ngajak udah keluar bonus saya ditinggal gitu aja.. sialan.. ini yg bikin saya bete sampe skarang kl inget.. kecil sih 250 ribu doang tapi uang jajan gitu lohhh..

    ReplyDelete
  26. benernya irfan tertarik kir sama produknya tapi sayang karena masalah waktu aja tu yg kurang tepat jadi males juga mau nanya itu produk lebih lanjut :D

    ReplyDelete
  27. hayah mba hanii... kita kan saudara masa sih karena dikau ikutan MLM persaudaraan kita jadi berantakan... kekekeke...

    ReplyDelete
  28. setuju gw deh sama si abang bandhot yg ganteng se-bekasi..

    ReplyDelete
  29. dimana2 etika emang musti dijunjung tinggi yah.. setuju bgt ini mah..!
    tu jeng nika udah dijawab sama bu ingrit bocoran MLM-nya :D

    ReplyDelete
  30. dimana2 etika emang musti dijunjung tinggi yah.. setuju bgt ini mah..!
    tu jeng nika udah dijawab sama bu ingrit bocoran MLM-nya :D

    ReplyDelete
  31. iya tu mba.. udah mana laper ngantuk pula katanya.. hihihi...

    ReplyDelete
  32. bener mba nia.. temen ku dkk-nya kmaren emang orang kantoran.. kerja di citibank katanya tau deh jadi apaan.. mungkin MLM buat side job kali yah...

    ReplyDelete
  33. saya salud ko sama yg berhasil.. saya hargai sekali hasil kerja kerasnya karena saya tau berkecimpung di MLM bukan hal yg mudah.. :)

    ReplyDelete
  34. ih bener bgt buuu..!! nah si irwin itu nyariin downline buat widi..
    gw nungguin lu ol buat ngegosipin ini tapi lu-nya ga nongol2 jadi deh gw posting aja sekalian. hehehehe...

    ReplyDelete
  35. yg ini piramid jeng nika.. makanya wajar tohh kl saya udah ilfeel duluaaaan...

    ReplyDelete
  36. Yup bener banget mbak.

    Cuma ada sedikit masalah, kejernihan kita melihat kan dipengaruhi berbagai faktor lain juga. Misalnya, menawarkan bisnis mlm pada jam seharusnya kami istirahat, punten-punten saja kalo akhirnya kami apriori duluan. Mungkin ga ada masalah dengan informasi dan produk yang ditawarkan, tetapi ya itu tadi timingnya ga pas, keruh deh mbak :)

    Beda mungkin dengan mbak yang nge-drill warga solo, mereka datang dengan sukarela kan mbak, dan mungkin mereka emang mempersiapkan diri buat ngedengerin mbak ngomong, pandangan mereka bukan hanya jernih mbak.. juga fokus.

    Ambil pelajarannya aja lah, semua yang disini kan pedagang... :p kadang orang beli sesuatu dari kita bukan karena barangnya bagus aja kan, mungkin karena yang beli suka sama kita. Atau sebaliknya, ga ada yang beli barang dari kita padahal barang bagus n murah, hanya karena ga suka sama kita aja dia ga mau beli.

    Jadi, ya balik lagi... lihatlah semua dengan jernih, ya kan mbak :)

    Gitu loh bun,... jadi panjang neh :p Mungkin kalau nawarinnya diwaktu yang pas n orangnya beda, ceritanya bakal lain deh..

    ReplyDelete
  37. temenku ada lho yang keluar dari PNS biar fokus di MLM itu....hebat kan MLMnya.....

    ReplyDelete
  38. itu lah salah satu hebatnya MLM jika dijalankan oleh orang hebat juga..

    ReplyDelete
  39. heheeh.. iya ya Ra..
    gue ngemeng kek gitu karena emang bukan orang hebat.. orang biasa2 aja *wink*

    makanya gag tertarik ama MLM.. mau piramid or biner... ikutan ori ke kirce, tapi cuma beli produk2nya yang juga jarang dipake or cuma buat ngadoin siapaaa gitu.. ...

    ReplyDelete
  40. hihiihihi komennya pada serius benneerr ya.....
    jadi tambah lieurrrrr ;))
    emang ada yang sukses koq, tetangga gw contoh realnya, tp sekali lg itu kan rejeki masing2 ya, udah emang jalannya kudu kesitu, kalau emang ga suka MLM sok ajah, hala koq ( gw termasuk juga nih...). ehheheheh

    ReplyDelete
  41. samaaaaa sy jg NO THX deh buat bisnis MLM. sy udh liat kok banyak org disekitar sy yg berhasil di bisnis MLM. tp buat sy pribadi tetap tdk tertarik..mungkin karna sy melihat potensi dan kemampuan sy juga ya makanya tdk tertarik. sy pengen someday punya sekolahan walaupun itu hanya TK ato Playgroup tp tidak MLM...heheheh...
    yang minat dan tertarik ya monggo aja kan orang beda2...

    ReplyDelete
  42. trus..trus ya,....kenapa org2 yg nawarin bisnis MLM itu suka rada maksa gituuuu..walupun secara halus sy sdh menolak tapi kok ya tetep maksa...plissss deeeeee...ini mah curhat yak...kakakaka

    ReplyDelete
  43. iya rie.. gw jg ngerasa org biasa aja dengan tingkat kepedean dibawah standar :D mknya bidang gw mah bkn di MLM.. tau diri lah gw tp yg nawarin yg ga mau tau diri gw.. kekeke...

    ReplyDelete
  44. bener teh rejeki mah udh ada yg ngatur.. kl suksesnya lewat MLM ya beruntung bgt.. :D

    ReplyDelete
  45. gw jg dee.. nyadar sama kemampuan diri...
    ga nyangka euy cita2 tante dee sungguh mulia...gw Aminin aah...:)

    ReplyDelete
  46. teknik merekrut mereka emg baguss sayang kadang sering nyebelin jg..

    ReplyDelete
  47. bahasa lu bu...berattttt...kakakaka...amien.smoga doa lu dikabulkan

    ReplyDelete
  48. beratan cita2 lu dee.. wkakaka..!!
    tp tenang ga ada sesuatu yg mustahil... :)

    ReplyDelete
  49. ha.hahahha baru aja aku mo ajak chatting mo ngajakin lu masuk ke oriflame rat....hehehhehehe ternyata ud direject duluan.

    Aku dulu jg illfeel banget ama mlm, tp entah kenapa sejak aku babak belur jualan makanan, dg hanya 1 kalimat aku mengiyakan ajakan masuk oriflame..kekekkekekkekek. Semua peluang disabet bo..hehhehehehhe secara modalnya cuma murah , 40 ribu.

    ReplyDelete
  50. wkakkaka.. haduuh teteh segitunya berasa d reject duluan :P
    mendingan kirimin aku soto mie bogor deh teh..

    stt.. aku baru tau lohh kl oriflame tu MLM. xixixixi...

    ReplyDelete