Thursday 19 February 2009

Tinggal sama mertua..? Enakk gilaa..!!

Udah beberapa temen ni yg nanyain ke saya ko betah sih tinggal bareng mertua.. suka konflik ga..? ato apalah...

Kaya contohnya  waktu aya baru lahir, dari masalah bedong, gurita, bedak, minyak telon, puser puput trus dikasi koin.. kami (saya dan si ayah) sama oma beda bgt ni maunya.. kl saya semua itu ga perlu tapi bukan berarti juga saya ga nurutin maunya si Oma, yah maklum lah saya kan cari informasinya di internet udah beda jaman sama si Oma jadi yg di cari ya jalan tengahnya aja. Dan terus terang nii saya paling belibet makein aya guritaa.. duh tu tali2nya sering salah ngiket.. bedong juga gitu.. pokonya bodohlah saya ini..

Akhirnya jalan tengah yg kita ambil setelah puser aya puput.. kita sudahi juga pemakain bedong dan gurita sambil kasi penjelasan juga ke Oma tapi bukan penjelasan ilmiah cukup dengan bilang.. kata bu bidan pke bedong sama gurita ga perlu ko Mih dan bagian yg ngomong ya si Ayaah donk.. :D

Selesai ni... trus masuk lah ke MPASI, oya si Oma pro ASI lohh.. jadi slama ASIX lancar jayaaa.. sukses..!!

Oma sempet bingung dengan model MPASI-nya Aya yg beda dengan MPASI cucunya yg lain. Ko makannya gitu..? Ko ga di tim..? Ko ga dicampur2..? Ko ga dikasih garem..? Ko aya ga pernah di kasih biskuit..? Whehehehe....

Saya mah ringkes aja jawabnya... masa2 MPASI kan masanya pengenalan Mih..jadi dikenalin makanannya ya satu2 dan dipisah2... ga dikasi garem.., lagian ga pke garem aja aya juga doyan kok.. :D ga dikasih biskuit.. kuatir aya ga doyan sayur2an kukus lagi Mih.. dan si Oma pun terdiam.. kekekeke...

Hasilnya pun terlihat deh sekarang.. aya hobi makan sayuran dan suka ngelempar2 biskuit. Hahahaha...

Untuk komunikasi.. duh ini mah udah dari dulu deh saya bloon.. apalagi kl si Oma udah nyerocos cerita campur2 pke bahasa sunda bahasa indonesia, bahasa indonesia bahasa sunda dijamin saya mah he eh he eh aja.. kl ada si ayah lebih lucu lagi, kl oma cerita trus saya ketawa si ayah nanya (ato ngetes)... mamih cerita apa Ra..? gw jawab aja ga tauuu... udah biasa tu dia ngakak kl gw sok pinter di depan emaknya =))

Buat saya mah, saya musti bersyukur bgt tinggal di rumah yg layak walo bukan di rumah sendiri... mungkin kl ga tinggal sama si Oma saya ga bisa ni ngetik2 ngenetan yg ada saya lagi sibuk masak, beberes, nyuci, yg kerjaan tu ga ada habis2nya.. kl skarang mau makan tinggal ke ruang makan, kadang2 nyuci piring, kadang2 ga.. ini mah kuwalat gw..

Yah pokonya gitu lah.. perbedaan pendapat selalu ada dan pasti akan ada tapi tergantung gmana kita mencari solusinya tanpa harus saling menyakiti...

Untung si Oma ga doyan ngenet, kl baca ge er doi :))

72 comments:

  1. Setuju 100%, ayo bikin kesatuan mertua teladan.

    ReplyDelete
  2. cepat sekaliiii tanggapan requestnyah.
    alhamdulillah, kalo mertuanya mudah diberi pengertian, he..he...

    ReplyDelete
  3. Yang penting, kita tau diri n ngerti. Mereka toh dl hidup nggak sama kaya kita, yang apa2 pegangannya google. Toh mereka jg sukses ngebesarin anak2nya toh.

    ReplyDelete
  4. oo gitu yaa..hihi gak ngalamin...soalnya jauh dari ortu n mertua..
    klo yg suka eyel2an sama ibu sendiri..hihi..klo gini mah..eyel2an sampe ngotot2 cuek ajah..bundanya sendiri inih..hihi...

    ReplyDelete
  5. Ou..... gitu? Pantesan betah di rumah mertoku. Lha mertokunya pengertian banget sih. Moga-moga bisa aku tiru deh. Aku tuh dulu menantuku laki-laki. Dia gak betah, karena merasa dia dijajah sama aku. Terus dia pulang ke rumah mereka (anakku jadi ikutan). Untung di daerah yang sama.

    Sekarang yang ada, tiap hari cucuku pulang sekolah didrop jemputannya di rumahku. Bikin PR sampe mandi sore di tempatku. Ayahnya (mantuku) cuma numpang naro mobil terus ngangkot ke kantor. Malamnya dia jemput anaknya naik angkot itu terus pulang dengna mobil mereka. Katanya kalo mobil ditaruh di rumah kosong nggak aman. Ya udah nurut.........

    ReplyDelete
  6. hehehe aminnn alhamdulilah klo cocok ma mertua...

    ReplyDelete
  7. Bersyukur ya Ra.... banyak banget yang gak senikmat itu even udah berusaha pengertian luar biasa, hehehe... *gak ngalamin*

    ReplyDelete
  8. Tinggal sendiri juga masih bisa ngenet sambil masak, beres2, dan jualan kok Ra, hehehe.

    Alhamdulillah ya kalo cocok antara mertua & menantu. Mertua gue juga baek banget, sayang guenya yang jutek, hehehe. Jangankan sama mertua, sama ortu sendiri aja gue ribet, hahaha.

    Intinya sih, bukan di mertua atau orangtuanya kali ya, tapi di kitanya sendiri *kalo ini pengakuan jujur dari diri sendiri, hahaha*

    ReplyDelete
  9. yaaahhh...oma lu maahhh...
    gue juga mao numpang tempat lu ketimbang di rumah mak gue sendiri =))

    ReplyDelete
  10. Dari sisi mertua ini, saya membenarkan mbak. Menantu kalo bikin orang tua sebel karena menantu nggak pengertian, ya pasti mertua juga jadi nyebelin di mata si menantu.

    Salam kenal. Maaf saya orang yang sama dengan si bundel yang ngomong panjang lebar di atas, cuma sekarang lagi ganti baju jadi jandra22

    Hehehe.......

    ReplyDelete
  11. Wah.. Salut deh.. Perbedaan itu mah biasa, tapi kalo nana mah kayaknya gak bakal sanggup tinggal ama mertua, ama mamah sendiri ajah suka cekcok...

    Secapek-capeknya ngurus rumah, suami, ma anak sendiri mah enaknya tinggal di rumah sendiri, gak ada yang ikut campur :-D

    ReplyDelete
  12. Salam kenal juga Mba :)

    Hehehe, saya sih sadar diri aja, soalnya kadang masalah yg terjadi sepele tapi jadi besar karena salah satunya ga pengertian. Kalo saya sih merasa, saya memang yang kurang pengertian karena dasarnya saya susah dibilangin, keras kepala & gampang tersinggung. Padahal orangtua ngasitau maksutnya baik.

    Jadi buat saya, daripada saya & mertua (atau ortu sendiri) sering tabrakan, mending saya misah aja, hehehe. Tapi sampe sekarang saya ngontrak rumah pun ga jauh dari rumah orangtua saya. Ternyata ga sanggup juga kalo harus jauh2an sama orangtua, hehehe.

    ReplyDelete
  13. Ya, ide bagus tuh mbak. Dulu menantu saya bukannya nggak cocok dengan saya sih. Cuma dia kalo udah pulang kerja (waktu itu masih di Jakarta, sekarang udah pindah ke dalam kota aja, kami tinggal di Bogor), langsung tidur. Maklum pulangnya udah jam sembilan malam. saya sih maklum. Tapi di waktu week-end, kalo saya butuh tenaga dia, dia juga nggak mau bergerak. Kata anak saya alasannya dia capek.

    Padahal cucu saya sampe sekarang udah kelas 2 SD masih saya urusin juga selagi mereka dua-duanya ngantor. Jadi daripada capek, mendingan saya ijinkan aja deh dia bawa anak-istrinya ke rumah mereka. Bener mbak, mesti deket rumah ortu. Sebab buktinya sampe sekarang (kira-kira setahun ini dia balik ke rumahnya), anaknya alias cucu saya ya tetep ngendon di rumah sejak pulang sekolah sampe maghrib. Hehehe......

    Tapi sekarang saya nggak ambil pusing, dia nggak nganter saya kemana-mana ya udah, saya masih punya kaki dan uang buat bayar ongkos angkot kok.

    ReplyDelete
  14. waaa... daku nggak bs ngerasain tinggal ma mertua nih.. dah meninggal semua siiih... tapi ya itu... jadinya "perang" ma orang tua sendiri masalah mengasuh si anak.. tapi keseringan "kalah" kitanya.. huhuhuhu....

    ReplyDelete
  15. Teh Ratih, maaf jadi numpang curhat mertoku-mantu disini xixixixixi......

    ReplyDelete
  16. cerita soal tinggal di rumah mertua. hihihihi. aku nih rekor. 2 thn tinggal di rumah mertua. Di 1 rumah dengan 3 keluarga. kekekek heibaad. konflik pasti ada. Gitu kita pisah rumah, alhamdulillaah bisa lebih baik. Termasuk langsung bisa hamil (ada hubungannya gak siih). Dan yg paling aku suka, mertua sudah tidak "ikut campur" soal ngurus anak. Kecuali pas awal2 mandiin Icha baby dulu. Semua yg aku lakuin di dukung sepenuhnya ma mertua. Tapi kadang2 yaa masih suka merasa : mertuaaa oh mertuaaaaa hahahaha

    ReplyDelete
  17. Gw ga ngerasain nih tinggal bareng mertua...seru juga. Gw begitu nikah langsung tinggal berdua aja. Awal pernikahan sempet sakit gara2 semuanya dikerjain sendiri mana rute rumah ke kantor lebih jauh lagi....

    ReplyDelete
  18. sempet 1 thn tinggal bareng mertua tuh mba... syukur ga ada masalah apa2, tp tetep aj ga terlalu betah, seenak2nya rumah org, lbh enak rmh sndri

    ReplyDelete
  19. Aku gak pernah tinggal di rumah mertua karena walau bagaimanapun lebih enak tinggal di rumah sendiri. Hasil keringat sendiri. Dan perjuangan sendiri (meskipun ngontrak). Jadi belajar mandiri.

    ReplyDelete
  20. mau tinggal sendiri, ma mertua, itu kan pilihan ya jeng. Tinggal ma mertua pa gak hubungan tetap harus baik. bagaimanapun, kan gak ada suami kalau gak ada mertua.. Kalau soal berkomunikasi sih selalu ada aja perspektif yang berbeda, cari0cari jalan solusi lah... selama gak terlalu prinsip, ya gak usah dibuat masalah, kecuali menyangkut yang prinsip... baru deh diskusi... saya mengiyakan, lebih manjur yang ngomong suami kalau ke mertua... hi.... sukses selalu bun...:)

    ReplyDelete
  21. Tggl bareng mertua ga selamanya jelek ya bun... malah kita yg suka keenakan hehehe... Dari Azri sampe lahir sampe umur 6.5bln diasuh sama mertuaku krn ak kerja, mslh ASI sukses malahan promosiin ketmn2nya kl ASI skrg bisa disimpen dibtl (pdhal dulu jg bisa ya hehehe..). Saat beda pendpt ttg pengasuhan anak tgg bilang kata2 ajaib.. 'kata DSAnya ga gitu bu hehehe..' mertua jg ortu kita kok, mau cocok apa engga tergtg kedua blh pihak..... :)

    ReplyDelete
  22. kalo mnurut aye nih yeeee.....hub mertua-menantu tuh unik bgt, secara mereka adalah hub yg 'terpaksa'. Udah kadung cinta ama anaknya, ya mau gak mau ortunya jadi mertua toh. Beda sama anaknya, dulu pake pendekatan, perkenalan, sampe tercipta pengertian. Kalo sama mertua ya prosesnya 'maksa', pas udah kawin mah cocok kgk cocok udah jadi mertua, kgk bisa dituker ;p

    sbnrnya kalo g bilang konflik menantu-mertua mirip2 aja sama ortu-anak, cuma bedanya ortu-anak mah ada insting saling menyayangi, sesebel2nya ya ttp waeee sayang. Udah mah ortu-anak kebanyakan serumah kan, jadinya sudah tercipta pula saling-mengetahui kebiasaan masing-masing.

    belom lagi bumbu-bumbu cemburu memperebutkan cinta sang anak/suami/istri. Mengkenye....syaluuuut sama yg serumah tapi akur-jaya kyk jeng rara ini. Saya mah pilih jaga jarak sajah, sama kyk uwi, nyadar diri g mah setelan muka susah diatur, udah jutek dari orok ;p

    ReplyDelete
  23. aku setahun sempat tinggal di PMI.....pokoknya nano-nano lah rasanya

    ReplyDelete
  24. belom pernah tinggal ma mertua kal saiyah sih soalnya jauuuuuh :D
    tapi kalo pas berkunjung ( mudik-red ), sudah pasti enak gilaaa..!! ( ky judulnya Teh Ratih :D )

    ReplyDelete
  25. Dasar mantu gemblung!!! Hahahahha.... Tapi mbak, suer, menurut aku dimanapun mbak tinggal, pasti akan selalu cocok & di sukai dengan orang lain...

    ReplyDelete
  26. kok aku bisa merasakan rasa cinta si Oma ya...
    he he he, hidup bundanya Aya!

    ReplyDelete
  27. gw setuju sama pendapat yang ini. masalah bukan di mertua ato ortu pd dasarnya masalah di kita sendiri. gw akui gw org yg keras kepala dan susah dikasi tau. sm ortu aja gw kebanyakan ngeyelnya kebayang donk klo sm mertua. tp hidup kan belajar dan belajar. demi swami dan rumah tangga gw kayaknya harus belajar berdamai dg keadaan...hihihi...jd curhat gini..

    buat lu mba yg bs cocok dan betah serumah sm mertua gw saluttt deh pokoe..

    ReplyDelete
  28. jujur aja gak ngalamin tgl sm mertua, tp krn sadar kekurangan diri sendiri, gw prefer tgl di rumah sendiri aja deh, nggak di rumah ortu sendiri jg, hehehe...hebat euy Tih, punya rasa pengertian yg begitu besarnya...tp jgn keenakan loe, ntar gak mandiri2..hihihihihi

    ReplyDelete
  29. ayoo sapa takut mba.. :)
    *berharap kl udah jadi mertua musti bijak juga. amiin*

    ReplyDelete
  30. kl katanya Eka si Maknya Azka ini masalah yg sensi sekali jadi pasti bakalan rame.. heuheuheu..

    mudah ya ga juga sih teh tapi berusaha dipermudah alias dibikin simple, masalah kecil rugi kan kl dibuat besar yg ada cape doang... :D

    ReplyDelete
  31. setuju mba lina.. kita mah udah masuk jamannya google lha orang2 tua dulu biasanya berdasarkan kebiasaan, adat, ato kata orang yg lebih tua. Beda jaman pasti beda pemikiran juga, mau dibikin rame ya bisa rame tapi ngapain jugaa..? hehehe..

    ReplyDelete
  32. dibuat betah seiklas2nya mba maya. hehehe...

    ReplyDelete
  33. intinya sih mau sama ortu mau sama mertua kitanya yg ngalah merendahkan ego.. hehehe... :D

    ReplyDelete
  34. iya bun selama masih ada saling pengertian antara anak, menantu dan mertua sih betah2 ajah yg penting suami (si anak) yg musti bisa obyektif, kl ada beda2 pendapat dikit jgn ikutan jadi kompor tapi jadi air aja. hehehehe...

    ya ga Hon..! :D

    ReplyDelete
  35. iya bun selama masih ada saling pengertian antara anak, menantu dan mertua sih betah2 ajah yg penting suami (si anak) yg musti bisa obyektif, kl ada beda2 pendapat dikit jgn ikutan jadi kompor tapi jadi air aja. hehehehe...

    ya ga Hon..! :D

    ReplyDelete
  36. iya bun selama masih ada saling pengertian antara anak, menantu dan mertua sih betah2 ajah yg penting suami (si anak) yg musti bisa obyektif, kl ada beda2 pendapat dikit jgn ikutan jadi kompor tapi jadi air aja. hehehehe...

    ya ga Hon..! :D

    ReplyDelete
  37. he eh alhamdulillah.. ga kaya di sinetron kan.. hehehehe...

    ReplyDelete
  38. iya ya mba.. makanya ni smoga mah ga lupa untuk selalu bersyukur setiap hari.. biar ditambahkan lagi nikmat kami.. :)

    ReplyDelete
  39. whehehe.. lu mah emang super mom wie.. kl gw kayanya blom tentu bisa walo skarang pun blom merasa ada yg keteter sih :D

    bener sih emang tergantung kitanya, kl gw dasarnya emang ga suka konflik apalagi sama ortu :(

    ReplyDelete
  40. wkakakak..!
    udah lu honey moon aja sanaah =))

    ReplyDelete
  41. ini penampakan si bunda juga nii.. hihihi...
    wah kl gitu aku jangan sampe bikin sebel si oma ya bun.. :D

    ReplyDelete
  42. kebetulan si oma juga bukan tipe yg suka ikut campur.. pernah lohh aku ngomelin anaknya di depan mukanya si oma.. hahahaha... cuek aja aku sih lha dia salah :D

    ReplyDelete
  43. kl aku sih ga kalah ga menang yg dicari tapi jalan tengahnya.. win-win solution bahasa kerennya mah :D

    ReplyDelete
  44. hahaha.. gpp bun anggap aja rumah sendiri..
    disini mah bebas2 aja ko.. buat ku tamu adalah raja.. :D

    ReplyDelete
  45. kl aku kebetulan yg 2 anaknya udah tinggal mandiri tinggal si anak cwo bontot dan adek cwenya aja ni yg drumah.. kl ada beberapa keluarga sih aku lebih milih tinggal memisah karena biasanya lingkungan pun jadi kurang sehat..

    kl aya semenjak pulang dari rumah sakit sampe sekarang blom pernah dimandiin selain sama bundanya.. walo awal2 mandiin pke baskom :D

    ReplyDelete
  46. tinggal sendiri ato pun sama mertua pasti ada seninya ya Ke.. skarang udah ada yg bantuin kan..? selamat melahirkan yaa smoga lancar... :)

    ReplyDelete
  47. ntar kl aku udah punya rumah aku bikin jurnal juga.. tinggal sama mertua..? enak gilaa..!!! tinggal dirumah sendiri..? jauh lebih enak doonk..!! hahahahaha...

    amiiin... :)

    ReplyDelete
  48. kl aku skarang lebih milih nabung dulu mba dibanding musti ngontrak.. sayang euy mendingan uangnya buat bayar DP kl sewaktu2 nemu rumah yg cocok.. :)

    ReplyDelete
  49. selama ini sih blom ada yg prinsipil buu semuanya masih dibatas kewajaran.. kewajaran disini ya penting tapi ga penting untuk dibikin rame.. :D

    sukses juga ya buu.. salam buat ayah dan mas fay.. :)

    ReplyDelete
  50. bener bun.. aku sih ga ngaggapnya mertua itu ibu yg melahirkan aku dari hati bukan dari rahimnya...

    ReplyDelete
  51. kl gw ni ya din dulu waktu si anak pendekatan ke gw, gw pendekatan ke ibunya karena gw tau kesana2nya gw bakal serumah ma blio.. dari yg cuma sekedar telpon2 ga penting mau nelp anaknya tapi niatnya mah mau ngobrol ma blio ato kasih hadiah lebaran yg ga seberapa.. buat gw itu manjur lohh.. bgitu deket beneran berasa udah sayang aja.. mau disayang ya kitanya kan yg musti menyayangi duluan... wkekekeke....

    ReplyDelete
  52. kl gw ni ya din dulu waktu si anak pendekatan ke gw, gw pendekatan ke ibunya karena gw tau kesana2nya gw bakal serumah ma blio.. dari yg cuma sekedar telpon2 ga penting mau nelp anaknya tapi niatnya mah mau ngobrol ma blio ato kasih hadiah lebaran yg ga seberapa.. buat gw itu manjur lohh.. bgitu deket beneran berasa udah sayang aja.. mau disayang ya kitanya kan yg musti menyayangi duluan... wkekekeke....

    ReplyDelete
  53. kl gw ni ya din dulu waktu si anak pendekatan ke gw, gw pendekatan ke ibunya karena gw tau kesana2nya gw bakal serumah ma blio.. dari yg cuma sekedar telpon2 ga penting mau nelp anaknya tapi niatnya mah mau ngobrol ma blio ato kasih hadiah lebaran yg ga seberapa.. buat gw itu manjur lohh.. bgitu deket beneran berasa udah sayang aja.. mau disayang ya kitanya kan yg musti menyayangi duluan... wkekekeke....

    ReplyDelete
  54. kl rasanya nano-nano itu normal jeng.. dari pada mati rasa. hahahaha...

    ReplyDelete
  55. emang mudiknya kmana mba..? kl ke bandung mampir yaaa... :D

    ReplyDelete
  56. mendingan jadi mantu gemblung ato kuwalat mba..? =))

    ReplyDelete
  57. nooohhh diiinnn dengerin tuuhhh....
    itu baru namanya mantu toladaaannn...
    jadi penasaran lu dulu pendekatan gimana din? =D

    ReplyDelete
  58. sebelum nikah yg namanya ngenyel2an hampir tiap hari sampe boseeenn.. tapi sejak nikah harus lebih bisa belajar merendahkan ego walo suliiiiiitt....

    ReplyDelete
  59. gw sih awalnya dilema win.. kl gw mau sok idealis dan mau mandiri kewajiban si anak (suami) ke ibunya gmanaa..? sikon belum memungkinkan untuk hidup berpisah... tapi buat gw emang beneran enak sih.. asal jgn keterusan aja yah diladenin ma mertua :D

    ReplyDelete
  60. belom kali kirr.. masi jauuuuh... :P

    ReplyDelete
  61. pendekatan g...."asalamualaikum tante....." nah gitu dah, pas dateng ama pas pulang, kgk pernah lupa ;p

    mangsyud g ra, kalo ama laki n ama ortu sendiri, ostosmastis cinta, kecuali dalam kasus2 special yaaaah.....nah kalo ama mertua, cintanya kudu 'dipaksa' karena udah dari sononya dia adalah ortunya laki kita. Begonooooh...mengkenye sering ada konflik, walaw cencyu ada juga yg tak berkonflik. Namanya hub antar dua manusia, jatohnay bisa cocok, bisa juga tidak. Sialnya, kalau tidak cocok, ya gak bisa dituker ;p

    ReplyDelete
  62. ihihihhi jadi bunda aya mantu teladan nih????
    selamat ya... kapan makan makannya hahhahaahhaah

    ReplyDelete
  63. hahahaha... bener din, udah hukum alam ada yg cocok ada juga yg ga cocok.. dan emang sial juga ya kl ga cocok ga bisa dituker.. emang sepatuuu :P

    ReplyDelete
  64. beuuh.. teladan mah masi jauh teh..
    teladan tu yah kl udah bisa ngegantiin si oma masak, bisa beberes.. lha ini mah onlen ma tidur muluu.. :D

    ReplyDelete
  65. hua..hhahahhaa kl kayak gini g juga mau banget ni rat....

    ReplyDelete
  66. Dasar lu ah teh.. teteph aja lbh enak tinggal d rmh sendiri nan asri smbl buka warteg. kekeke

    ReplyDelete
  67. wah..kalo ngomongin mertua mah mantu mah ga ada abis2nya..daku juga dah 3 taun ma mertua..yang pasti kalo berantem mah pasti soal cucu. dari cara pengasuhan, ngasih makanan ke anak, ampe baju mesti matching...cuman untungnya mamaku juga masih satu kota.jadi 4 hari di mertua, 3 hari di rumah mama sendiri.biar cape tapi hidupku stabil, ada pencerahan ...hehehe..dan berusaha adil juga. kan mamaku juga kangen juga ma cucunya.

    ReplyDelete
  68. Jd djatah ya mba cucunya. hehehe.

    iya biasanya emg ga jauh dr soal pengasuhan, makan pokonya yg ga bgtu prinsipil jd ya udah bw santai aja :D

    ReplyDelete